Beranda Advertorial Desa Bayumundu Jadi Percontohan Nasional Atasi Penyakit Stunting

Desa Bayumundu Jadi Percontohan Nasional Atasi Penyakit Stunting

Bangunan kantor Desa Bayumundu. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Salah satu desa di Kabupaten Pandeglang yakni Desa Bayumundu, Kecamatan Kaduhejo berhasil mengatasi penyakit stunting dan ditunjuk menjadi salah satu desa percontohan tingkat nasional.

Kepala Desa Bayumundu, Mulyadi mengatakan, Desa Bayumundu saat ini bersama dengan pemerintah daerah dan pusat sedang gencar menangani permasalahan stunting.

“Alhamdulillah dari sepuluh desa yang mau berhasil menangani stunting salah satunya Desa Bayumundu dan Desa Bayumundu jadi desa percontohan nasional,” katanya, Jumat (8/11/2019).

Mulyadi, Kepala Desa Bayumundu. (Memed/bantennews)

Bahkan kata Mulyadi, bulan lalu ada Bupati Banyumas studi banding ke Desa Bayumundu. Kedatangan rombongan dari Kabupaten Banyumas ini untuk mengetahui keberhasilan Desa Bayumundu mengatasi stunting.

“Salah satu cara yang kami lakukan adalah duduk bareng dengan alim ulama dan masyarakat karena dengan duduk bersama insyaallah akan menunjukkan keberhasilan. Kuncinya adalah kebersamaan,” jelasnya.

Sedangkan untuk infrastruktur ia mengaku banyak terima kasih pada pemerintah pusat karena sudah menggelontorkan dana desa. Menurutnya, saat ini kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat 60 persennya bisa dibantu melalui dana desa.

“Cuma kendalanya adalah kewenangan kabupaten seperti jalan dan jembatan poros desa, yang sulit itu jalan poros desa karena tidak bisa dibangun oleh desa,” ujarnya. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini