Beranda Hukum Deretan Mobil Mewah Gembong Narkoba Napi Lapas Cilegon

Deretan Mobil Mewah Gembong Narkoba Napi Lapas Cilegon

Deretan mobil mewah Muhammad Adam gembong Narkoba Napi Lapas Kelas III Cilegon - foto istimewa detik.com

CILEGON – Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita mobil mewah jenis Range Rover, Alphard dan Vellfire dari bandar narkoba Muhammad Adam yang merupakan narapidana di Lapas Kelas III Cilegon, Banten. Total ada 18 kendaraan yang disita dan seluruh aset yang diamankan BNN mencapai Rp28 miliar.

“Aset terdiri dari 18 unit mobil, 8 kapal penyeberangan antarpulau, 2 unit rumah mewah, 1 unit ruko, lahan kosong seluas 144 meter persegi, 3 batang emas seberat kurang-lebih 2.817, perhiasan arloji mewah, dan uang dolar Singapura, Malaysia, serta uang rupiah dengan total uang tunai rupiah senilai Rp 945 juta,” kata Deputi Berantas BNN Irjen Arman Depari, Minggu (1/9/2019).

Adam juga memiliki rumah mewah di Jalan Palem Ratu Nomor 39 Bukit Indah Sukajadi, Batam. Arman menjelaskan pengungkapan kasus ini berawal dari tertangkapnya 4 anak buah Adam, yaitu Mirnawati alias Mimi, Darwis, Akbar alias Ambang, dan Chandra Okto Lybia.

“BNN RI berhasil mengamankan barang bukti 20 bungkus narkotika jenis sabu seberat 20,8 kg dan ekstasi sebanyak 31.439 butir asal Malaysia,” ujar Arman seperti dilansir detik.com.

Status Adam adalah narapidana dan menghuni Lapas Kelas III Cilegon Cilegon, Banten. Seharusnya, Adam dijatuhi hukuman mati, tapi vonis mati itu dianullir Mahkamah Agung (MA) menjadi 20 tahun penjara.

“Muhammad Adam sendiri merupakan terpidana kasus penyelundupan 54 kg sabu dan 41 ribu butir pil ekstasi pada tahun 2016 lalu,” jelas Arman Depari.

Muhammad Adam mengaku dirinya mendapatkan seluruh aset yang bernilai Rp 28,3 miliar tersebut dalam waktu singkat selama setahun saja.

“Bisnis pengiriman jual-beli narkotika saya lakoni baru setahun. Namun jumlah aset yang terkumpul senilai Rp 28,3 miliar. Dalam praktik kerjanya saya mendapat upah 1 kg sabu sebesar Rp 60 juta,” kata Adam.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini