Beranda Peristiwa Delegasi PEMSEA Kabupaten Tangerang Makan Produk Mangrove Hingga Lepas Kepiting Langka

Delegasi PEMSEA Kabupaten Tangerang Makan Produk Mangrove Hingga Lepas Kepiting Langka

Para delegasi mengunjungi Ketapang Urban Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk pada Jumat (28/10/2022) - Foto istimewa

KAB. TANGERANG – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar selaku tuan rumah PEMSEA Network of Local Governments (PNLG) 2022 mendampingi para delegasi mengunjungi Ketapang Urban Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk pada Jumat (28/10/2022).

“Selamat datang di Ketapang Urban Aquaculture. Kita mulai menanam mangrove sejak 2014, pada 2018-2019 kita bangun infrastruktur. Nelayan sekarang bisa keluar dari sungai,” ungkap dia di lokasi.

Ia memaparkan bahwa di lokasi tersebut telah ditanam 16 jenis tanaman mangrove berjumlah sekitar 720.000 batang. Produk olahan mangrove juga ditonjolkan dalam kesempatan ini. “Ini adalah produk mangrove, ada puding, sirup, jus dan udang rebus,” terangnya.

Bersama para pimpinan delegasi seperti Aimee Gonzales (Filipina), Im Panharith (Kamboja), Se Cheong Oh (Korea Selatan), Salvador SR Ribeiro (Timor Leste), Haslima binti Amer (Malaysia) hingga Kazuo Nadaoka (Jepang), Bupati Zaki melakukan penanaman mangrove.

Para delegasi pun berkesempatan untuk memanen udang dan melepaskan kepiting belangkas. Pada kesempatan itu, ia berharap pelepasan kepiting langka ini dapat meningkatkan ekosistem mangrove di Kabupaten Tangerang.

“Ini salah satu kepiting yang dilindungi di Indonesia. Sudah ada di kawasan hutan mangrove karena perbaikan kualitas air. Kita akan lepas dengan harapan dapat meningkatkan ekosistem mangrove kita,” tutupnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini