Beranda Pemerintahan Delapan RUU Tentang Provinsi Disahkan Jadi Usul Inisiatif DPR

Delapan RUU Tentang Provinsi Disahkan Jadi Usul Inisiatif DPR

Puan Maharani - foto istimewa Tribunnews.com

JAKARTA – Delapan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang Provinsi disepakati menjadi RUU Usul Inisiatif DPR RI. Hal itu disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-10 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 yang dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id), kedelapan RUU Tentang Provinsi tersebut diajukan oleh Komisi II DPR RI. Mulai dari, RUU tentang Provinsi Sumatera Utara, RUU tentang Provinsi Sumatera Selatan, RUU tentang Provinsi Jawa Barat, RUU tentang Provinsi Jawa Tengah, RUU tentang Provinsi Jawa Timur, RUU tentang Provinsi Maluku, RUU tentang Kalimantan Tengah, dan RUU tentang Provinsi Bali.

“Sidang dewan yang terhormat, apakah rancangan undang-undang usul inisiatif Komisi II DPR RI ini dapat disetujui menjadi RUU Usul DPR RI?” tanya Puan dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta pada Kamis (17/11/2022) lalu. Pertanyaan tersebut lalu dijawab dengan setuju oleh para hadirin Rapat Paripurna dan diiringi pemukulan palu sidang bahwa UU tersebut telah disahkan bersama.

Tujuan lahirnya RUU Tentang Provinsi adalah sebagai bentuk upaya menata kembali dasar hukum pembentukan provinsi yang sesuai dengan Pasal 18 Ayat 1 Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di bawah kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pasal tersebut berbunyi, “Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas Kabupaten dan Kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten, dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dengan undang-undang”.

Dengan hadirnya RUU Tentang Provinsi diharapkan menjadi jawaban atas sejumlah permasalahan dan kebutuhan hukum terkini untuk pemerintah daerah sekaligus masyarakat. Tidak hanya itu, kebijakan tersebut bisa mengakselerasi gerak roda pemerintah daerah, kemajuan daerah, dan kesejahteraan masyarakat. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini