Beranda Bisnis Dekorasi Styrofoam di Kota Tangerang Ini Tembus Pasar Internasional

Dekorasi Styrofoam di Kota Tangerang Ini Tembus Pasar Internasional

Dekorasi styrofoam karya anak muda dari Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Dalam sebuah acara, dekorasi menjadi salah satu elemen penting untuk menghiasi ruangan menjadi lebih cantik dan menarik. Beragam jenis dekorasi pun bermunculan, tak hanya dekorasi dengan menambah ornamen bunga atau balon, kini banyak dekorasi yang hanya berbahan styrofoam saja.

Salah satunya, dekorasi styrofoam karya anak muda dari Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Koordinator Styrofoam Art, Fahmi Ulumuddin mengungkapkan usaha dekorasi berbahan styrofoam ini dibuat bersama dengan teman-temannya yang sama-sama menyukai seni lukis. Tak hanya itu, bisnis dekorasi styrofoam ini juga menciptakan lapangan kerja. Karena para pekerja yang membuat beragam karakter dekorasi ini merupakan muda-mudi warga sekitar.

“Awalnya saya membuka jasa badut untuk pesta ulang tahun, lalu karena sering melihat beragam dekorasi di acara pesta yang didatangi, saya berfikir untuk memulai usaha dekorasi dari styrofoam. Karena bahan styrofoam sendiri lebih mudah dibentuk serta jika sudah selesai dipakai, bisa di daur ulang kembali atau dijual,” ungkap dia dalam keterangannya.

Lanjut kata Fahmi, ia memulai usaha ini di akhir tahun 2016. Dan memanfaatkan ruangan kecil dibelakang rumah untuk proses produksi dekorasinya. Saat itu, dalam sebulan dirinya hanya menerima pesanan satu event saja. Namun karena terus membangun relasi dengan rekan-rekan event organizer, kini orderannya semakin banyak. Tak hanya untuk acara ulang tahun, juga untuk hiasan di moment seperti lebaran, imlek, natal, dan tahun baru yang biasa di pesan oleh berbagai perusahaan.

Tak hanya itu, Fahmi juga menceritakan semenjak mengikuti pelatihan digital marketing yang diselenggarakan di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, dirinya semakin paham dalam mempromosikan usahanya. Ia juga mengaku kini dalam sebulan pesanan yang masuk mencapai 10 hingga 20 orderan. Dengan harga relatif mulai dari backdrop nama dibandrol harga Rp100 ribu hinga Rp65 juta untuk full dekorasi 3D yang bertema.

“Proses pengerjaan dekorasi untuk backdrop nama hanya satu jam, sedangkan untuk dekorasi bertema membutuhkan waktu dua minggu hingga satu bulan tergantung kesulitan. Alhamdulillah pemesanan dekorasi styrofoam ini tak hanya dari Jabodetabek, namun hingga Bandung, Surabaya, Bali, Kalimantan, dan kita pernah dekor di Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Serta kita juga pernah kirim ke luar negeri seperti Singapore dan Australia.” ujar Fahmi.

Fahmi mengaku bersyukur, dari studio kecil di Jalan Nyimas Melati No. 42, RT. 003/RW. 001, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, ia bisa menghasilkan dekorasi styrofoam yang merupakan satu-satunya di Kota Tangerang hingga ke luar negara.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini