Beranda Peristiwa Debit Air Sungai Ciberang di Kabupaten Lebak Menyusut

Debit Air Sungai Ciberang di Kabupaten Lebak Menyusut

Kondisi Sungai Ciberang di Kabupaten Lebak. (Sandi/bantennews)

LEBAK– Debit air Sungai Ciberang di Kabupaten Lebak, Banten saat ini menyusut.

Yahi, warga sekitar mengatakan, saat ini kondisi Sungai Ciberang sudah mengering, bahkan air Sungai Ciberang yang biasanya besar sekarang sangat sedikit. Bahkan warga  sudah tidak bisa memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sebagian besar warga di Desa Sangiang Tanjung dan Desa Pasir Tanjung masih menggunakan air Sungai Ciberang untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Yahi saat ditemui BantenNews.co.id, Kamis (28/9/2023).

Sementara itu, Rohati warga sekitar mengatakan,  setiap hari warga di Kampung Cibawang, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, menggunakan air Sungai Ciberang  untuk kebutuhan sehari-hari.

“Ya, setiap hari warga selalu menggunakan air sungai untuk mandi, mencuci, bahkan untuk keperluan memasak. Tapi untuk saat ini kondisi air di Sungai Ciberang sudah menyusut sehingga warga sangat kesulitan  air, apalagi saat ini musim kemarau,” ucap Rohati.

Ia menambahkan,  mengeringnya Sungai Ciberang ini  sangat menyulitkan warga untuk mendapatkan aor.

“Kalau untuk mandi dan mencuci sih masih bisa kita menggunakan air sungai, tapi untuk memasak kayanya agak sulit karena kondisi air yang berada di Sungai Ciberang kurang bagus,” katanya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini