Beranda Bisnis Dari Santri Jadi Pengusaha Ikan Tenggiri Sukses

Dari Santri Jadi Pengusaha Ikan Tenggiri Sukses

253
0
Proses pengolahan ikan. (IST)

 

SERANG – Warga Kota Serang dan sekitarnya pasti tidak asing dengan makanan khas Palembang satu ini. Pempek, makanan yang mudah kita jumpai ini bahan bakunya adalah daging ikan yang bertekstur lengket.

Daging ikan yang sering digunakan sebagai bahan baku diantaranya yaitu ikan tenggiri, ikan gabus, dan ikan kakap merah.

Melihat peluang olahan berbagai makanan dengan bahan dasar ikan yang sedang marak, Irvan Maulana (21) mengambil peluang tersebut dengan membuka usaha yang menyediakan daging ikan tenggiri dan ikan gabus giling.

“Saya lihat di daerah Serang khususnya yang membuka usaha ikan tenggiri dan ikan gabus giling itu masih jarang. Kalau buka bukan usaha bahannya, saya kira itu sudah banyak,” ujar Irvan pada BantenNews.co.id, Rabu (16/6/2021).

Pria kelahiran Kota Serang ini menyebutkan ikan tenggiri dan ikan gabus giling yang ia jual cocok dipakai untuk bahan baku makanan seperti pempek, siomay, tekwan, otak-otak hingga dimsum.

Meski “Ikan Tenggiri Berkah” masih tergolong baru, usaha milik lulusan santri dari salah satu Pondok pesantren (Ponpes) yang berada di Kota Serang ini sudah dikenal hingga luar Pulau Jawa.

“Alhamdulillah permintaan daging tenggiri kami sudah sampai ke Medan, Sumatera Utara  dan Cilacap, Jawa Tengah. Kalau di wilayah Banten mayoritas pembelinya dari Serpong, Serang, dan Cilegon,” kata Irvan.

Produk daging ikan tenggiri giling kualitas premium yang Irvan jual dibanderol dengan harga Rp110 ribu per kilogram. Kemudian, daging ikan tenggiri giling dengan kualitas premium dibanderol mulai Rp70 ribu – Rp85 ribu per kilogram.

Sementara itu, untuk daging ikan gabus giling dijual seharga Rp78 ribu per kilogram.

Untuk masa simpan produk daging ikan tenggiri dan ikan gabus giling adalah tiga bulan di dalam freezer.

Dalam sebulan, Irvan bisa menjual 400 sampai 500 kilogram daging ikan tenggiri.

Ia juga menyebutkan selain menjadi olahan masakan untuk pempek, siomay, dan yang lainnya, daging ikan gabus giling juga bisa digunakan untuk olahan makanan balita.

“Ikan gabus giling itu bisa buat pempek-pempek juga dan bagus juga digunakan untuk olahan makanan balita,” ungkap Irvan.

Tidak hanya menjual daging ikan tenggiri dan ikan gabus giling, “Ikan Tenggiri Berkah” juga menjual kepala ikan tenggiri, kulit ikan tenggiri, telor ikan tenggiri, dan ikan tenggiri stik.

Produk-produk “Ikan Tenggiri Berkah” bisa didapatkan langsung di Perumahan Puri Citra Blok A9, Kota Serang atau bisa mengunjungi @dagingikantenggiri melalui Instagram.

(Nin/Red)