Beranda Peristiwa Dari Banten, Gerhana Matahari Cincin Akan Terlihat Seperti Bulan Sabit

Dari Banten, Gerhana Matahari Cincin Akan Terlihat Seperti Bulan Sabit

Ilustrasi gerhana matahari cincin. (hitekno.com)

TANGERANG – Gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada 26 Desember 2019 mendatang bisa disaksikan di sebagian wilayah Provinsi Banten.

Kepala seksi Data dan Informasi BMKG Kota Tangerang, Urip Setiyono menjelaskan, warga di wilayah Kota Tangerang dan beberapa kabupaten kota di Provinsi Banten bisa menyaksikan gerhana matahari cincin.

“Tapi bentuknya seperti bulan sabit dari sini,” ujar dia kepada Kompas.com, Minggu (15/12/2019).

Sedangkan di wilayah Indonesia, hanya warga di wilayah barat dan utara Pulau Sumatera yang bisa menyaksikan gerhana matahari penuh, seperti wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Urip mengatakan, ada 8 wilayah di Provinsi Banten yang bisa menyaksikan gerhana matahari cincin dalam bentuk bulan sabit. Di antaranya Serang, Cilegon, Rangkasbitung, Pandeglang, Ciruas, Tigaraksa, Tangerang dan Ciputat dengan waktu yang berbeda-beda.

“Kontak pertama terjadi sekitar pukul 10.40 WIB di kota Cilegon,” jelas dia.

Sedangkan kota lain mengikuti dengan jeda waktu sekitar 1 sampai 2 menit. Sedangkan puncak gerhana bisa disaksikan pada tengah hari pukul 12.33.31 WIB.

“Kontak keempat terjadi pukul 14.21 WIB,” kata dia.

Gerhana matahari tersebut akan berlangsung dengan rata-rata durasi 3 jam 40 menit di setiap kabupaten kota di Provinsi Banten.

Gerhana matahari cincin sendiri merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan. Fenomena ini terhadi karena posisi bulan ada di antara matahari dan bumi.

Bulan akan tampak lebih kecil dari ukuran matahari, sehingga ketika bulan menghalangi cahaya matahari, akan menyisakan sedikit piringan di pinggir matahari yang terlihat seperti cincin. (Red)

Sumber : Kompas.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini