Beranda Kesehatan Dapat Jatah 8,1 Juta Vaksin Covid-19, Kadinkes Banten : Penyaluran Bertahap

Dapat Jatah 8,1 Juta Vaksin Covid-19, Kadinkes Banten : Penyaluran Bertahap

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti

SERANG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti memastikan Banten mendapatkan jatah 8.131.798 juta vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat. Vaksin tersebut rencananya akan disalurkan secara bertahap mulai Desember 2020.

Menurut Ati, sasaran utama pada tahap pertama vaksin pada Desember mendatang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, TNI, Polri dan Satpol PP.

“Untuk tahap pertama di Desember ada 63.536 sasaran dimana 45.829 merupakan tenaga kesehatan dan 17.088 adalah anggota TNI, Polri dan Satpol PP yang ada di garda terdepan penanganan Covid-19. Tahap satu itu,” kata Ati, Jumat (23/10/2020).

Untuk sasaran vaksinasi tahap kedua, lanjut Ati, direncanakan akan dilakukan pada Februari 2021. Dimana prioritas utama sasaran vaksin adalah aparatur pemerintahan di daerah, anggota legislatif, tokoh agama, perangkat kecamatan, kelurahan/desa hingga RT/RW.

“Untuk tahap selanjutnya akan disalurkan untuk tenaga pendidik mulai dari tenaga pendidik di tingkat PAUD hingga universitas. Selanjutnya untuk PBI (Penerima Bantuan Iuran) BPJS dan masyarakat dengan rentang usia 18 hingga 59 tahun,” ujarnya.

Ati mengungkapkan, untuk masyarakat usia 60 tahun ke atas diharapkan untuk bersabar. Hal itu lantaran, diperlukan komposisi khusus dalam pembuatan vaksin. “Begitu juga untuk (masyarakat) di bawah usia 18 tahun vaksinnya belum ada,” ungkapnya. (Mir/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ