Beranda Komunitas Danramil Pandeglang Ajak Warga Bentuk Ketahanan Pangan Saat Pandemi

Danramil Pandeglang Ajak Warga Bentuk Ketahanan Pangan Saat Pandemi

352
0
Camat Pandeglang Melly Diyah Rahmalia (tengah) didampingi Komandan Koramil 01/01 Pandeglang Kapten Inf Supandi saat memberikan bantuan pupuk dan bibit pada perwakilan masyarakat Cicadas. (Foto: Memed/Bantennews)

PANDEGLANG – Koramil 0101/Pandeglang bersama warga Kampung Cicadas RT 01 RW 07, Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang melakukan penanaman singkong, pendampingan peternakan lele, domba dan pemberian bantuan pupuk serta benih.

Komandan Koramil 0101/Pandeglang, Kapten Inf Supandi menyampaikan, kegiatan merupakan program satuan teritorial dan sangat erat berhubungan dengan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menopang ketahanan pangan pada masa pandemi Corona, dimana dengan menanam ubi kayu dapat dijadikan pengganti bahan pokok dan juga ubi kayu dapat di produksi makanan olahan seperti di buat keripik singkong, tepung tapioka dan lain sebaginya sehingga bisa menambah pemasukan bagi warga,” jelas Supandi, Jumat (17/7/2020).





Kata dia, selain mengajak warga menanam singkong untuk ketahanan pangan, warga juga diberikan edukasi terkait pemeliharaan ikan lele dan domba serta bagaimana cara memanfaatkan kotoran ternak agar bisa dijual kembali.

“Kotoran Hewan masih bisa dimanfaatkan bernilai ekonomis yang bisa dijual kembali sebagai pupuk kandang yang dikeringkan, atau untuk langsung disebarkan ke lahan yang akan ditanami palawija. Diharapkan kegiatan ini menjadi contoh kepada masyarakat yang lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Pandeglang, Melly Diyah Rahmalia menambahkan, kegiatan padat karya yang dilakukan oleh warga Cicadas sebagai kegiatan positif sebagai langkah menopang ketahanan pangan .

“Kegiatan ketahanan pangan ini sangat positif di saat pandemi Covid-19. Semoga kegiatan ketahanan pangan dalam bentuk menanam singkong, ternak lele dan ternak domba ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat,” tambahnya. (Med/Red)