Beranda Hukum Danlantamal III Sambut Kedatangan KAL Anyer I-3-64 di Banten

Danlantamal III Sambut Kedatangan KAL Anyer I-3-64 di Banten

Pengalungan Syal kain Khas Baduy oleh Komandan Lantamal III Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto kepada Komandan KAL Anyer I-3-64 Kapten Laut (P) Prihatin Hadi Nugraha Sianturi. (Ist)

CILEGON – Komandan Lantamal III Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto memimpin penyambutan kapal patroli TNI Angkatan Laut baru yang masuk ke jajaran Pangkalan Utama TNI AL III (Lantamal III) Jakarta di dermaga Indah Kiat Merak, Kota Cilegon, Sabtu (13/6/2020).

Kapal tersebut adalah Kapal Angkatan Laut (KAL) Anyer I-3-64 yang merupakan jenis kapal patroli berbahan aluminium produksi dalam negeri yang dibuat oleh PT Steadfast Marine Tbk di Pontianak, Kalimantan Barat.

KAL Anyer I-3-64 merupakan hasil kerja sama antara TNI Angkatan Laut dengan PT Steadfast Marine Tbk dimana peresmian peletakan lunas / Keel Laying telah dilaksanakan sejak Jumat (15/3/2019) silam oleh Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo di galangan PT Steadfast Marine Tbk dan peluncuran perdananya dilakukan pertengahan Oktober tahun lalu.

Pemberangkatan kapal dengan panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter dan bobot 90 ton dengan kecepatan maksimum 28 knot itu menuju Lanal Banten telah dilaksanakan pada Kamis (11/6/2020) lalu dari dermaga Satrol Lantamal XII. KAL Anyer diawaki oleh 15 personel dan dikomandani oleh Kapten Laut (P) Prihatin Hadi Nugraha Sianturi.

Penyambutan KAL Anyer I – 3 – 64 oleh Komandan Lantamal III Jakarta didampingi Komandan Lanal Banten, Kolonel Laut (P) Golkariansyah, Komandan Satrol Lantamal III, Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi dan para Asisten Danlantamal III.

Dalam acara penyambutan Komandan KAL Anyer I-3-64 dikalungkan kain syal khas Baduy oleh Komandan Lantamal III Jakarta dan tutup kepala khas Baduy (udeng) oleh Komandan Lanal Banten sebagai simbol bahwa KAL Anyer I-3-64 akan bertugas di jajaran Lantamal III Jakarta dan masuk dalam Keluarga Besar Lanal Banten dimana dalam tugas sehari-harinya di bawah kendali Lanal Banten yang wilayah operasinya di wilayah laut Provinsi Banten.

“Pengadaan KAL Anyer diperoleh dari anggaran APBN dan merupakan program pengadaan Dismatal TA. 2019. KAL ini terbuat dari bahan aluminium yang akan lebih tahan dibandingkan dengan produk sebelumnya. Harapannya agar para pengawak KAL lebih percaya diri dalam melaksanakan operasi di laut. Peralatan navigasi dan komunikasi juga dilengkapi sebagai standar unsur yang beroperasi di laut dengan kontur perairan terbuka,” ungkap Brigjen Hermanto.

Dijelaskan, perairan Selat Sunda yang merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) dimana lalu lintas pelayaran mulai kapal niaga, perikanan dan penumpang sangat ramai melintas sehingga membutuhkan pengawasan guna penegaklan hukum dan menjaga keamanan di laut salah satunya oleh TNI Angkatan Laut.

Hal tersebut sesuai dengan amanah Undang – Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, yang di dalam bab penjelasannya pada Pasal 9b, secara garis besar menyebutkan tugas TNI Angkatan Laut adalah menjalankan fungsi penegakan hukum dan menjaga keamanan di laut. Dengan dimulainya penugasan di Provinsi Banten, KAL Anyer I-3-64 siap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini