Beranda Pemerintahan Dana Hibah Kota Cilegon Tembus Rp41 Miliar di Tahun 2024

Dana Hibah Kota Cilegon Tembus Rp41 Miliar di Tahun 2024

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Cilegon, Rahmatullah. (Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Cilegon menganggarkan Rp41 miliar untuk bantuan dana hibah pada 2024. Angka itu mengalami sedikit peningkatan dibandingkan 2023 yang hanya Rp39-40 miliar.

Kepala Bagian Kesra, Rahmatullah mengatakan anggaran bantuan dana hibah tersebut nantinya akan dialokasikan kepada sejumlah lembaga, 4 di antaranya mendapat porsi yang lebih besar.

“Di Kesra sendiri kurang lebih Rp41 miliar untuk peningkatan kesejahteraan guru madrasah, untuk MUI, untuk Baznas dan untuk LPTQ. Alokasinya 4 itu yang terbesar,” katanya, Rabu (10/1/2024).

Menurut Rahmatullah, dari 4 lembaga yang mendapat bantuan dana hibah tersebut, untuk peningkatan kesejahteraan guru dan madrasah mendapat porsi yang lebih besar.

“Yang paling besar adalah bantuan untuk peningkatan kesejahteraan guru madrasah di angka Rp33 miliar,” ujarnya.

Selain 4 lembaga tersebut, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) juga mendapat porsi bantuan dana hibah dari Pemkot Cilegon pada 2024 sesuai dengan program Walikota Cilegon.

“2024 ini masjid lebih banyak, kan program prioritas Walikota juga, jadi Rp20 juta dikali kurang lebih 70 masjid jadi Rp1,4 miliar,” terang Rahmatullah.

Sementara itu, untuk teknis penyalurannya Rahmatullah mengungkapkan bahwa pihaknya mengimbau kepada pemohon untuk mengajukan pencairan dana hibah ke Bagian Kesra.

“Teknis penyalurannya kalau untuk tahun 2024 ini, kita informasikan kepada pemohon bantuan hibah ini untuk mengajukan permohonan realisasi, permohonan pencairan hibah. Kalau pengajuan realisasi itu manual saja ke bagian Kesra,” pungkasnya.

(Mg-STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini