Beranda Olahraga Dana Hibah KONI Kota Serang Berkurang

Dana Hibah KONI Kota Serang Berkurang

Walikota Serang Syafrudin - foto istimewa

SERANG – Anggaran dana hibah untuk KONI Kota Serang tiap tahun terus berkurang. Alhasil penurunan anggaran hibah itu dikhawatirkan dapat berimbas terhadap pembinaan olahraga di Kota Serang. Sehingga para atlet rawan bela daerah lain karena Pandemi Covid-19.

Wakil Ketua II KONI Kota Serang Gusti Endra mengatakan, pihaknya mendapat anggaran dana hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang senilai Rp 1,25 miliar dari APBD Kota Serang tahun 2021. Anggaran tersebut dinilai masih kurang cukup, mengingat tahun depan 2021 KONI Kota Serang akan menghadapi multi event Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua dan menggelar Pekan Olahraga Kota (Porkot) Serang.

“Tahun 2020 KONI mendapat anggaran Rp 2,5 miliar. Tahun depan KONI dapat anggaran Rp 1,25 miliar. Jelas ini sangat jauh untuk melakukan pembinaan atlet, karena tahun depan ada PON, terus kita akan menggelar Porkot,” ujarnya, Kamis(24/12/2020).

Meski anggaran minim, pihaknya meminta cabang olahraga (cabor) Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi), serta Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI) dapat mendulang prestasi bergengsi salah satunya di PON.

“Tapi insyaallah dengan niat dan tekad tidak ada yang tidak mungkin,” ujarnya.

Gusti pun mewanti-wanti kepada seluruh cabor untuk tidak mudah tergoda melego atlet andalannya keluar daerah lain. Sebab jika hal tersebut sampai terjadi, maka Kota Serang terancam kehilangan meraih medali emas.

“Kami ingin dibina terus, jangan sampai lari ke daerah lain. Itu khawatir banyak terjadi di PON 2021 di Papua. Kita berharap untuk atlet Kota Serang dan Provinsi Banten tetap membela di Kota Serang walaupun dalam situasi Pandemi Covid-19 saat ini,”ujarnya.

Menanggapi hal ini, Walikota Serang Syafrudin menyatakan, pihaknya sangat konsen terhadap pembinaan olahraga di Kota Serang. Terbukti pihaknya memberikan dana hibah untuk KONI Kota Serang tahun depan sebesar Rp 2,5 miliar.

“Tetap anggaran hibah untuk KONI Kota Serang sebenarnya Rp 2,5 miliar tahun depan 2021. Hanya memang terpecah terbagi dua, yang Rp 1,25 miliar di KONI Kota Serang, yang Rp 1,25 miliar di Disparpora Kota Serang untuk menambah nutrisi atlet,” ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk agenda olahraga tahun depan yang akan diadakan di Kota Serang adalah hanya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2021.
“Kalau Porkot tahun depan tidak ada. Jadi nanti Popda kewajiban kita hanya membuka dan menutup. Segala sesuatu pembiayaannya dari Pemprov Banten,” ujarnya.
Meski demikian, pihaknya menjanjikan pada anggaran perubahan tahun 2021 akan menambah dana hibah KONI Kota Serang.
“Sebenarnya apa yang saya sampaikan inginnya besar, hanya memang sekarang ini agak sulit, jadi mudah-mudahan tahun 2022 atau di anggaran perubahan 2021 bisa nanti ditambah,” ujarnya.

Ia juga berharap seluruh cabor dapat meningkatkan prestasi mulai dari tingkat kota sampai internasional. “Saya berharap prestasi yang diraih Rizki Juniansyah ini bisa terus ditingkatkan dan diikuti oleh cabor lainnya,” ucapnya.(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini