Beranda Pemerintahan Dana Bantuan Korban Tsunami di Pandeglang Capai Rp5,6 Miliar

Dana Bantuan Korban Tsunami di Pandeglang Capai Rp5,6 Miliar

Lima jenazha korban tsunami Selat Sunda yang belum teridentifikasi alias belum dikenali akhirnya dimakamkan, Jumat (4/1/2019) siang. (Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pandeglang Ramadani menyebutkan dana bantuan untuk korban tsunami yang saat ini masuk ke kas daerah sebesar Rp5,6 Miliar.

Dari dana tersebut sekitar Rp2,6 miliarnya sudah terpakai untuk pembangunan Hunian Sementara (Huntara) bagi para korban yang berlokasi di Kecamatan Carita dan Kecamatan Labuan, sedangkan sisa Rp3 miliar sisanya masih berada di kas daerah.

“Yang sudah terpakai Rp2,6 jadi masih ada saldo Rp3 Miliar, untuk pembanguan Huntara di Cibenda Kecamatan Carita sama di Labuan. Sisanya juga untuk Huntara yang di Mekarsari juga belum kita bangun baru land clearing sama PU,” jelas Ramadani, Selasa (5/3/2019).

Ia memprediksi jika uang yang masih tersisa di kas daerah saat ini masih belum cukup untuk membangun Huntara bagi seluruh korban, diperkirakan dana sebesar Rp3 miliar hanya cukup untuk membangun sebanyak 200 Huntara saja.

“Ya engga, 1 huntara aja Rp14 juta ya kalau Rp3 miliar paling cuman 200 huntara berarti masih sisa banyak yang belum kebangun,” terangnya.

Dari 7 titik lokasi yang akan dibangun Huntara, lokasi di Mekarsari Kecamatan Panimbang adalah lokasi yang nantinya paling banyak dibangun Huntara, oleh sebab itu ia berharap pembangunan Hunian Tetap (Huntap) juga masih menggunakan lokasi yang sama. Ia menjelaskan bahwa untuk lokasi Huntara di Mekarsari Pemda Pandeglang membuka dan membangun fasilitas umum baru, sehingga sangat disayangkan jika tidak digunakan untuk lokasi Huntap juga.

“Kami berharap yang di Mekarsari Panimbang Huntapnya itu disitu, jadi huntaranya disitu Huntapnya juga dibangun disitu biar manfaat juga karena di Mekarsari itu kami benar-benar buka lahan baru sarana air bersih, musola dan MCK komunal,” harapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ