Beranda Gaya Hidup Dampak Negatif Bila Kamu Terlalu Larut pada Prasangka Buruk

Dampak Negatif Bila Kamu Terlalu Larut pada Prasangka Buruk

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Apa jadinya jika ada seseorang yang dalam hidupnya selalu diliputi rasa curiga sampai berlebihan, tentu itu menandakan ada yang salah pada dirinya, terlebih jika dirinya sendiri gak bisa membuktikan apakah prasangka dia terhadap orang tersebut benar, atau hanya semacam praduga pribadi saja. Tentu hal ini akan membuat diri sendiri dan orang yang dicurigai merasa gak nyaman.

Maka dari itu, jika prasangka buruk itu berlanjut, bisa-bisa akan membawamu pada lima dampak seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Hati selalu larut pada perasaan cemas, gelisah dan tak tenang

Terlalu larut pada prasangka buruk akan membuatmu larut pada rasa cemas, gelisah dan tak tenang. Karena memelihara emosi negatif dalam diri juga akan membuat aura jiwamu menjadi negatif. Dalam kacamata pengelihatanmu, semua orang akan terlihat bak musuh dalam selimut, muka dua, penjahat, pengkhianat, dan lain-lain. Meskipun gak sepenuhnya benar.

Tahukah kamu bahwa cara pandangmu akan menentukan bagaimana cara orang lain melihatmu? Jadi segera ubah kebiasaan buruk itu agar kamu bisa mendapat kehidupan yang lebih baik.

2. Membuat permusuhan

Karena terlalu larut pada prasangka buruk, dirimu akan cenderung menampilkan ekspresi yang tak bersahabat pada orang yang kamu jumpai. Kamu akan cenderung lebih sensian, mudah marah, membatasi diri dari pergaulan sehingga dampaknya bisa memperburuk hubungan pertemananmu, karena orang lain tentu gak akan merasa nyaman berada di dekat orang yang terlalu berburuk sangka.

Caramu menampilkan ekspresi wajah dan gestur tubuh dapat mempengaruhi cara orang bersikap padamu. Jadi segera ubah kebiasaan buruk ini agar teman-temanmu tidak semakin menjauh darimu.

3. Jiwamu akan merasa kesepian

Prasangka buruk yang terus kamu pelihara akan membuat dirimu merasa kesepian, jiwa kamu menjadi hampa dan kosong. Kamu merasa bahwa semua orang gak ada yang mau mengerti dan peduli padamu. Tanpa kamu sendiri sadar, jika itu semua terjadi karena kamu sendiri yang buat, bukan orang lain. Maka dari itu jangan selalu menyalahkan orang lain atas segala hal yang terjadi di hidupmu. Saatnya kamu mulai berbenah dan intropeksi diri untuk hidup yang lebih baik.

4. Di matamu semua orang terlihat sama, bak musuh dalam selimut

Pikiran negatif akan selalu timbul jika perasangka buruk masih kamu pelihara. Sehingga dimatamu semua orang akan terlihat sama, tak bersahabat, seperti musuh dalam selimut. Sehingga kamu menjadi larut pada rasa cemas dan gak aman. Tentu ini dampak yang gak baik sebenarnya bagi dirimu, sedangkan kamu sebagai manusia tentu juga butuh sosok orang lain untuk mengisi hari-harimu.

Maka dari itu, segera ubah cara pandangmu. Atau kamu bisa coba untuk berkonsultasi pada orang yang ahli di bidangnya, seperti psikolog agar ada yang membimbing dan menuntunmu untuk bisa lepas dari jeratan yang tak baik ini sehingga kamu bisa mendapat ketenangan hidup.

5.Hidupmu menjadi tidak bahagia

Orang yang dikelilingi emosi negatif maka yang kembali kedirinya juga negatif. Orang yang selalu dikelilingi emosi positif maka yang kembali juga positif. Maka dari itu, dengan membuang segala prasangka buruk dan perlahan demi perlahan mencoba mengubahnya jadi perasangka baik tentu juga akan mempengaruhi kondisi dalam jiwamu. Kamu pun bisa merasakan hidup yang tenang dan bahagia.

Jika kamu masih memelihara emosi negatif itu hingga kini, maka kamu akan sulit mendapatkan kebahagiaan.

Maka dari itu guys, buang segala hal yang dapat membuatmu merasa gak tenang dan bahagia. Salah satunya selalu berusaha berfikir positif dan selalu berprasangka baik pada siapapun. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini