Beranda Pemerintahan Damkar Tangerang Selalu Waspada Musibah Kebakaran

Damkar Tangerang Selalu Waspada Musibah Kebakaran

Ilustrasi - foto istimewa beritacenter.com

TANGERANG – Markas Komando Pemadam Kebakaran (Mako Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang selalu siaga. Mereka sudah menyiapkan langkah antisipasi bencana.

“Kita dari Mako standby di pos siaga Lebaran dengan Dishub (Dinas Perhubungan), TNI, Polri, Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja), dan sebagainya. Tapi, karena kendaraan kita besar-besar, kita juga standby di pusat,” kata Sekretaris BPBD Kota Tangerang Tihadi di kantornya, Senin (11/6/2018).

Tihadi menyatakan kesiapsiagaan timnya selama hari biasa tidak berkurang meski sudah masuk masa cuti bersama Lebaran. Ia menekankan, di mana pun lokasi kebakaran selama masa Lebaran, timnya akan selalu siaga.

“Apabila ada kebakaran di wilayah mana pun, (kami) siap. Lalu response time-nya juga ke sana dari Mako ini. Jadi semua berkaitan dengan bencana di Lebaran ini, kita standby 24 jam,” tutur dia dilansir medcom.id.

Tiga regu atau sekitar 30 personel Mako Damkar Kota Tangerang siap dikerahkan. Jumlah armada yang siaga juga tidak sedikit. Terdapat 10 mobil ukuran besar dan dua mobil berukuran kecil untuk membawa pasukan Damkar.

Selain itu, terdapat enam mesin tempel untuk membawa air. Tiga mobil untuk mengambil air dari sungai yang selanjutnya dibawa ke lokasi kebakaran juga dalam kondisi prima.

“Kita juga ada motor bentor satu, terus ada dua perahu fiber, dan dua perahu aluminium apabila ada bencana banjir,” imbuh dia.

Seluruh armada, kata Tihadi, disiapkan di dalam markas dan rutin diperiksa mulai dari mesin, tubuh armada, pemeriksaan, hingga kualitas bunyi sirene. Di Ramadan menjelang Lebaran, kesiapsiagaan pun selalu difokuskan.

“Karena memang orang pulang mudik. Mata kita harus betul-betul diutamakan merespon laporan masyarakat,” pungkas dia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini