Beranda Bisnis Dahlan Iskan : Menjadi Pengusaha Itu Tidak Sulit

Dahlan Iskan : Menjadi Pengusaha Itu Tidak Sulit

Dahlan Iskan (baju biru) saat mengisi kuliah Umum Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Banten

SERANG – Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan menjadi entrepreneur atau pengusaha bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kunci untuk membangun jiwa entrepreneur adalah berani mencoba dan tidak menyerah untuk mengikuti proses.

Hal tersebut disampaikan saat mengisi kuliah Umum Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Banten, Rabu (19/02/2020).

Sebagai seorang pembisnis sukses di Indonesia, Dahlan Iskan turut membagikan beberapa kiat sukses yang selalu dinilai menjadi kunci utama dalam memulai karir bisnis.

“Kuncinya adalah pada niat berbisnis, berani mengambil resiko, belajar dari pengalaman ketika ditipu, kerja keras, cerdik, dan fleksibel,” ujarnya.

Selain itu Dahlan Iskan juga mengatakan menjadi pengusaha sama dengan halnya belajar bersepeda.

“Belajar menjadi pengusaha sama seperti ketika Anda belajar naik sepeda. Awal-awal ketika Anda belajar naik sepeda kan nggak langsung bisa, terkadang kalian perlu jatuh dulu, berdarah dulu tapi kemudian anda bangkit lagi dan terus dilatih maka akan bisa, sama halnya ketika anda mau jadi pengusaha,” ucapnya.

Kemudian, ia meminta mahasiswa UIN Banten yang telah memiliki usaha sendiri untuk menceritakan pengalaman entrepreneurnya.

“Menjadi pengusaha nggak harus punya darah pengusaha. Anak-anak ini membuktikan bahwa mereka bisa menjadi pengusaha bukan karena orang tuanya pengusaha,” ujarnya.

Ia juga menyontohkan masyarakat Tionghoa yang mayoritasnya sebagai pengusaha itu bukan karena keturunan darah orangtuanya, melainkan karena ada proses penularan secara intensif dilingkungan sekitarnya yang mayoritasnya adalah pengusaha.

“Jadi cara mengatasinya setidak-tidaknya Anda terbuka untuk ditulari, karena dalam usaha butuh proses penularan usaha,” ujarnya

Dahlan pun berpesan kepada para mahasiswa yang memulai usaha untuk bergaul dengan orang-orang yang sudah memiliki usaha.

“Apabila kalian yang mau mulai usaha, kalian harus bergaul sama teman kalian yang sudah memulai usaha. Dari situ kalian akan belajar dan semakin termotivasi untuk punya usaha,” ucapnya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini