Beranda Pariwisata Cuaca Ekstrem Masih Melanda Banten, Masyarakat Diminta Waspada

Cuaca Ekstrem Masih Melanda Banten, Masyarakat Diminta Waspada

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana.

SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten mengimbau masyarakat di daerah rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan. Hal mengingat cuaca ekstrem hang masih melanda wilayah Banten.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana mengaku, pasca dilaksanakannya apel siaga bencana, pihaknua telah menerjunkan personel di sejumlah titik daerah rawan bencana. Hal itu guna mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tetap siaga menghadapi bencana.

“Kewaspadaan masyarakat juga harus baik. Selain itu bagi pelaku-pelaku usaha di daerah wisata juga harus bisa memberikan informasi terkait situasi kepada para pengunjung,” kata Nana saat dihubungi, Selasa (27/12/2022).

Lebih lanjut, Nana menuturkan, pihaknya juga telah memetakan daerah-daerah rawan bencana di Banten. Hal itu guna mempermudah penanganan.

“Fenomena hydro saat ini potensi (bencana) banjir, puting beliung, longsor, pohon tumbang cukup tinggi. Makanya kita petakan daerah rawan, kaya di Pandeglang seperti di wilayah Patia, Sukaresmi dan beberapa kecamatan (dataran rendah) itu sekarang sedang banjir akibat luapan Sungai Cilemer, dan kalau di Tangerang itu lebih kepada banjir genangan, Lebak potensi banjir bandang dan tanah longsor. Itu kita petakan agar mempermudah penangangan sewaktu bencana terjadi,” tuturnya.

Dari sisi infrastruktur alat, Nana mengaku, alat-alat evakuasi berupa perahu dan tenda-tenda darurat telah disiagakan.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk menurunkan alat berat jika ada longsor,” ujarnya.(Mir/Red)