Beranda Nasional Cuaca di Indonesia Panas, Ternyata Ini Penyebabnya

Cuaca di Indonesia Panas, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

BANTEN – Indonesia tidak mengalami gelombang panas seperti di negara-negara Asia lainnya seperti Thailand hingga Bangladesh. Tetapi suhu maksimum udara permukaan di Indonesia tergolong panas.

Dilansir dari akun resmi Instagram milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG (@infobmkg), suhu maksimum harian tertinggi pada Dasarian II April tepatnya 17 April 2023 di Indonesia berada di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten yang mencapai 37,2 derajat celcius.

BMKG menjelaskan penyebab suhu panas yang terjadi di Indonesia merupakan dinamika atmosfer yang tidak biasa. Kemudian suhu panas pada bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari yaitu lonjakan panas tahun 2023 menjadi yang terparah.

“Tren pemanasan global dan perubahan iklim gelombang panas ‘heatwave’ semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering,” tulis BMKG seperti yang dikutip BantenNews.co.id pada Minggu (23/4/2023).

Selanjutnya dominasi Monsun Australia yang menandakan Indonesia memasuki musim kemarau.

“Intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan,” tambah BMKG.

Sedangkan, tercatat ada 10 negara di Asia yang mengalami heatwave. Di urutan pertama terdapat Bangladesh dengan suhu maksimum harian tertinggi pada Dasarian II April 2023 yaitu 51 derajat celcius dan di posisi ke-10 ada Thailand dengan suhu 44,6 derajat celcius.

(Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini