Beranda Advertorial CSS XXII Resmi Dibuka, Ketum Akkopsi Apresiasi Kerjasama Sanitasi di Cilegon

CSS XXII Resmi Dibuka, Ketum Akkopsi Apresiasi Kerjasama Sanitasi di Cilegon

Pembukaan City Sanitation Summit (CSS) XXII Akkopsi Tahun 2024 di Ballroom The Royale Krakatau Hotel, Selasa (7/5/2024). 

CILEGON – Ketua Umum (Ketum) Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) Ibnu Sina memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dibawah kepemimpinan Walikota Helldy Agustian yang telah melakukan kerjasama dengan industry terkait peningkatan kualitas sanitasi.

Hal itu disampaikan Ibnu Sina saat Pembukaan City Sanitation Summit (CSS) XXII Akkopsi Tahun 2024 di Ballroom The Royale Krakatau Hotel, Selasa (7/5/2024).

“Bapak dan Ibu sekalian, kali ini kita dapat belajar dari Kota Cilegon, terutama dengan pengelolaan sampah yang dimiliki Kota Cilegon,” kata Ketum Akkopsi Ibnu Sina sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.

Dalam hal ini, Ibnu Sina memberikan apresiasi kepada Pemkot Cilegon yang telah menjalin kerjasama dengan Industri terkait peningkatan kualitas sanitasi.

“Pada CSS sebelumnya di Kabupaten Bandung, telah menghasilkan sebuah usulan yang hari ini telah dijalankan oleh Kota Cilegon, yang juga kita saksikan bersama penandatangan komitmen antar Pemerintah Kota Cilegon dan Industri dalam peningkatan kualitas sanitasi,” ungkapnya.

Menurut Ibnu Sina, ada 5 pilar yang selalu menjadi isu dalam setiap CSS Akkopsi. “Pertama Stop buang air besar sembarangan, kedua cuci tangan dengan sabun, ketiga pengelolaan air minum, keempat pengelolaan sampah rumah tangga, dan terakhir pengelolaan limbah cair rumah tangga,” tuturnya.

Dijelaskan Ibnu Sina, untuk pengelolaan lombah cair rumah tangga masih belum banyak kabupaten / kota yang menjalankan.

“Kami berharap kedepannya kabupaten/kota ada yang menjalannya seperti yang telah dilakukan Banjarmasin terkait pengelolaan limbah cair,” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku bangga telah menjadi tuan rumah untuk CSS XXII Akkopsi 2024.

“Alhamdulillah hari ini kami sangat bangga dengan kehadiran bapak dan ibu sekalian anggota Akkopsi. Menurut data registrasi sudah ada 166 kabupaten/kota yang telah hadir pada hari ini, dengan 24 wali kota dan bupati yang hadir secara langsung, terimakasih atas kesempatannya untuk datang di Kota Cilegon. Ini merupakan untuk pertama kalinya Kota Cilegon kedatangan kepala daerah dan perwakilannya sebanyak ini,” ungkapnya.

Helldy berharap, pertemuan pada CSS XXII Akkopsi tersebut dapat menjadi ajang bertukar pikiran. “Dalam agenda ini, kami ingin sekali sharing bersama anggota lain saling bertukar pikiran dan juga program mengenai sanitasi, khususnya yang dimiliki pada daerahnya masing-masing. Kami mengucapkan selamat datang dan semoga kunjungan bapak dan ibu sekalian berkesan,” harapnya. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News