Beranda Peristiwa Crane Terguling dan Timpa Proyek MFI, Disnaker Dalami Dugaan Pelanggaran

Crane Terguling dan Timpa Proyek MFI, Disnaker Dalami Dugaan Pelanggaran

Alat Berat Crane terguling di proyek milik PT Mitsubishi Chemical Pet Film Indonesia (MFI) di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon - foto istimewa

CILEGON – Peristiwa kecelakaan kerja terjadi di proyek milik PT Mitsubishi Chemical Pet Film Indonesia (MFI) di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

Alat berat berupa crane terguling dan menimpa pengerjaan proyek yang dikerjakan PT Taisei Pulau Intan.

Diduga jatuhnya crane tersebut akibat kelebihan beban serta terdapat prosedur keselamatan yang diabaikan oleh pihak perusahaan.





Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten telah turun tangan mendatangi lokasi serta menggali keterangan terkait kecelakaan tersebut. Itu untuk memastikan penyebab dan dugaan pelanggaran terebut.

Pengawas pada Disnaker Provinsi Banten Tuti mengatakan, berdasarkan hasil penelitan kasus dan data sementara diketahui dalam peristiwa kecelakaan kerja tersebut tidak ada korban. “Penyebab lagi kita teliti,” ujar Tuti, Kamis (4/3/2021).

Terkait adanya dugaan pelanggaran keselamatan kerja atau tentang ketenagakerjaan lainnya, kata Tuti, sejauh ini pihaknya belum bisa memutuskan karena masih proses penelitian kasus dan data.

Kasie lembaga hubungan industrial dan penyelesaian perselisihan pada Disnaker Kota Cilegon, Zarwan menuturkan, pihaknya tidak bisa turun tangan dalam menyikapi kecelakaan kerja di proyek milik PT MFI tersebut.

“Pengawasan kecelakaan kerja ada di provinsi, jadi kita tidak bisa bertindak,” ujarnya.

Terkait kasus kecelakaan kerja ini belum ada satupun pihak MFI maupun PT Taisei Pulau Intan yang berhasil dikonfirmasi wartawan.

(Man/Red)