Beranda Nasional Covid 19 Meresahkan, PLN Tetap Bekerja Jaga Pasokan Listrik

Covid 19 Meresahkan, PLN Tetap Bekerja Jaga Pasokan Listrik

Pemeriksaan suhu tubuh pegawai PLN. (Ist)

TANGSEL – Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus menigkatkan kesiagaan dan keandalan pasokan listrik kepada masyarakat di tengah meningkatnya wabah Coronavirus Covid-19 yang dapat mengganggu aktifitas serta berimbas pada perekonomian saat ini.

PLN memastikan kebutuhan listrik dapat terpenuhi dengan baik, mulai dari Pembangkitan, Transmisi, Pengatur Beban dan Distribusi yang tentunya harus tetap menjaga pelayanan pasokan listrik ke pelanggan termasuk pekerjaan pemeliharaan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

“Semua itu kami lakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN, kami juga instruksikan kepada seluruh insan PLN agar tetap bertugas menjaga pasokan energi listrik,” ungkap Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, Senin (16/3/2020).

Sementara upaya yang telah dilakukan PLN berupa langkah-langkah preventif terhadap pencegahan penyebaran virus corona di antaranya menangguhkan perjalanan kedinasan dan non kedinasan ke luar negeri bagi seluruh pegawai PLN, terutama ke negara-negara yang terinfeksi virus corona.

Bagi pegawai dan keluarganya yang telah melakukan perjalanan dinas ataupun non kedinasan ke negara-negara terinfeksi, kata Zulkifli, diwajibkan segera melaporkan riwayat perjalanan tersebut melalui email korporat.

“Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, PLN melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu serta melakukan pengecekan riwayat perjalanan yang dilakukan di seluruh unit PLN dengan menyediakan logistik berupa masker, hand sanitizer, sarung tangan, thermal gun. Tidak cukup sampai di situ, PLN juga melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kantor PLN,” jelasnya.

PLN juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan meningkatkan kebersihan lingkungan kerja secara rutin terutama kepada Petugas Control Room dan Dispatcher sebagai petugas yang mengelola pasokan aliran listrik PLN.

“Untuk kenyamanan mereka dalam bekerja disediakan angkutan antar jemput dari rumah tinggal ke tempat kerja untuk menghindarkan petugas dari penularan virus Covid-19. Selama bertugas pada jam kerja akan mendapatkan makanan sehat dan vitamin tambahan, dan dilarang untuk memasuki area kerja di luar Control Room dan Dispatcher,” terangnya.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi prima sehingga bisa bekerja maksimal dalam menjaga pasokan listrik bagi masyarakat,” imbuhnya.

Di tengah situasi seperti sekarang ini, pegawai PLN tetap bekerja menjalankan tugas masing-masing karena ketersediaan listrik di tempat pelanggan merupakan kebutuhan vital yang tidak boleh mengalami gangguan, sehingga harus dipantau dan dipastikan bahwa semua berjalan lancar dan aman. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini