Beranda Kesehatan Covid-19 di Tangsel Ngeri, Tiap 2 Jam Jenazah Akibat Corona Dimakamkan

Covid-19 di Tangsel Ngeri, Tiap 2 Jam Jenazah Akibat Corona Dimakamkan

Pemakaman jenazah Covid-19 - foto istimewa Inews.id

TANGSEL – Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) makin mengerikan. Bahkan Tiap 2 jam jenazah dimakamkan sesuai protokol pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Jombang Tangsel yang merupakan kuburan khusus jenajah Covid-19.

Dalam sehari, paling sedikitnya para penggali kubur bekerja 12 jam, sementara jumlah jenazah Covid-19 yang dikuburkan minimal 5-6 jenazah sehari.

Baru-baru ini angka kematian akibat Covid-19 di Kota Tangsel melambung drastis. Dampaknya, pemakaman jenazah Covid-19 melonjak.

Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan memang terjadi lonjakan angka kematian akibat Corona di Tangsel. Kata dia, jumlahnya meningkat cukup signifikan dibandingkan Mei 2021.

“Bulan Mei jumlah yang meninggal ada 33. Nah bulan Juni ini, baru pertengahan aja sudah 47 orang yang meninggal karena Covid-19,” kata Benyamin melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Jumat (18/6/2021).

Sementara itu, Ketua TPU Jombang, Tabroni mengatakan, jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 melonjak drastis hingga 100 persen jika dibandingkan dengan bulan lalu.

“Peningkatan dari Mei ke pertengahan Juni ini 100 persen,” katanya.

“Mei itu ada 30 jenazah yang dimakamkan. Sekarang tanggal 18 Juni siang ini sudah 68 yang dimakamkan dengan protokol COVID-9,” sambung Tabroni.

Tabroni menerangkan, dalam sehari rata-rata ada sekira 5-6 jenazah yang dimakamkan di TPU Jombang Tangsel dengan protokol COVID-19.

“Tapi kemarin ada 8 yang dimakamin dan hari ini sampai saat ini sudah ada 9. Nanti malam mungkin tambah lagi,” terangnya.

Meski alami lonjakan, Tabroni mengaku, pihaknya tak terlalu kewalahan melakukan prosesi pemakaman jenazah COVID-19.

Pasalnya, proses penggalian kubur kini sudah menggunakan satu excavator sejak beberapa bulan lalu.

“Alhamdulillah normal aja. Kalau dikata capek ya pasti capek, mungkin ini sudah kerjaan mereka. Saat ini penggalian pakai alat berat, kalau manual mah kewalahan,” ungkapnya.

Hingga saat ini, tercatat ada 911 jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di TPU Jombang Tangsel sejak awal pandemi.

Sedangkan daya tampung untuk pemakaman jenazah di TPU Jombang Tangel bisa mencapai hingga 1.000 jenazah lebih.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ