Beranda Peristiwa Civitas Academica ITB Ahmad Dahlan Ciputat Gelar Aksi Bela Palestina

Civitas Academica ITB Ahmad Dahlan Ciputat Gelar Aksi Bela Palestina

Aksi Bela Palestina oleh vivitas akademika ITB Ahmad Dahlan, di Ciputat, Tangerang Selatan, pada Selasa, (7/5/2024). (Alif/bantennews)

TANGSEL-Civitas Akademika Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan gelar aksi bela palestina di Jalan Ir. Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (7/5/2024). Aksi tersebut merupakan wujud solidaritas mereka terhadap rakyat Palestina yang masih dilanda konflik dengan Israel. Para pendidik dan mahasiswa bergantian menyampaikan orasi yang menyuarakan hak-hak warga Palestina.

Rektor ITB Ahmad Dahlan, Dr. Yayat Sujatna SE. M.Si mengatakan aksi tersebut merupakan wujud pernyataan sikap dari seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia. “Ini semua dilakukan serentak pernyataan sikap kita terhadap yang terjadi di bumi Palestina yang dilakukan oleh Israel. Ini harus menjadi atensi dari seluruh dunia,” kata Yayat kepada BantenNews.co.id pada Selasa, (7/5/2024).

Yayat juga menentang seluruh bentuk penjajahan di atas muka bumi. Ia pun menganggap Palestina lebih dari sekadar saudara seiman, mengingat negara itu juga berperan dalam awal kemerdekaan Indonesia. “Agar penindasan, genosida yang terjadi di Palestina segera berakhir. Dan kemerdekaan bagi mereka juga segera terwujud,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan aksi ini dilakukan di jam perkuliahan yang melibatkan kurang lebih 500 civitas akademika, baik mahasiswa maupun para pengajar. Menurut Yayat, ini sebagai bentuk kuliah tentang kemanusiaan.

Salah satu Dosen ITB Ahmad Dahlan yang mengikuti aksi tersebut, Sarli Amri juga mengatakan aksi tersebut diisi oleh penyampaian orasi, pembacaan puisi dan lain-lain. Kita mulai jam 09.00 WIB dan berakhir jam 11.00 WIB,” kata Sarli.

Iamengapresiasi kebijakan pemerintah Indonesia melalui Kementrian Luar Negeri yang tetap berkomitmen untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

(Mg-Alf/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News