Beranda Kesehatan Ciri Alergi Dingin dan Cara Mengobatinya

Ciri Alergi Dingin dan Cara Mengobatinya

1576
0
Ilustrasi - foto istimewa vemale.com

Alergi dingin atau biduran dialami oleh orang-orang yang memiliki alergi jika terkena paparan dingin. Misalnya dari air maupun udara dingin.

Alergi dingin atau urtikaria dingin adalah reaksi kulit kemerahan setelah beberapa menit terkena paparan dingin. Berikut seperti dilansir detik.com.

1. Gejala



Gejala alergi dingin pada setiap orang berbeda. Ada yang memunculkan gejala alergi dingin yang cenderung ringan dan yang lainnya mengalami penurunan tekanan darah secara drastis, susah bernafas, hingga pingsan.

Adapun gejala lainnya seperti tangan bengkak saat bersentungan dengan benda dingin, muncul bilur pada kulit yang terasa gatal, dan kulit kemerahan pada area kulit yang terkena dingin.

2. Penyebab

Alergi muncul saat kulit berada dalam cuaca dingin, dan berisiko muncul pada kondisi yang berangin dan lembab. Alergi dingin disebabkan oleh pelepasan histamin dan zat kimia dalam aliran darah yang disebabkan oleh udara dingin.

3. Pengobatan

Alergi dingin bisa berakibat membahayakan ketika terjadi pembengkakan pada tenggorokan dan lidah sehingga menyebabkan kesulitan bernafas.

Namun, biasanya alergi dingin dapat hilang dengan sendiri dalam waktu mingguan hingga bulanan. Jika kasus alergi mengakibatkan sulit bernafas sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter.

Pengidap alergi biasanya diderita oleh anak-anak, namun alergi tersebut akan membaik dengan sendirinya. Adapun yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti kanker atau hepatitis memiliki risiko terkena alergi dingin.

Penyakit alergi dingin bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bila sudah ada gejala bisa langsung periksa dan berobat ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

(Red)