Beranda Peristiwa Ciputat dan Pamulang Panas Ekstrem, Ini Penjelasan BMKG

Ciputat dan Pamulang Panas Ekstrem, Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi

TANGSEL – Suhu panas di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), khususnya Kecamatan Ciputat dan Pamulang dirasa sangat panas ekstrem hari ini, Jumat (27/5/2022).

Dijelaskan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena tersebut disebabkan lantaran perubahan musim dari musim penghujan ke musim kemarau.

“Untuk cuaca panas di siang hari sebenarnya biasa di peralihan musim. Untuk suhu udara maksimum beberapa waktu ini tercatat antara 31-33 derajat celcius masih kategori normal sebenarnya pak,” terang Kepala Sub Bagian Tata Usaha Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan, Yanuar Henry Pribadi kepada BantenNews.co.id, Jumat (27/5/2022).

Menurut Yanuar, sempat tercatat panas tertinggi di wilayah Ciputat pada tanggal 10 Mei sebesar 34.8 derajat celcius masuk kategori di atas biasanya atau normalnya. Akan tetapi mulai berangur-angsur kembali di 31-33 derajat celcius.

“Sempat tercatat memang dari data se-Indonesia pengamatan tertinggi di kantor balai MKG Ciputat sebesar 35.5 derajat celcius pada tanggal 7 mei 2022,” terangnya.

Yanuar mengimbau kepada masyarakat agar memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

“Untuk sinar Ultraviolet Violet (UV) umumnya masih baik dari jam 08.00 WIB. Tapi untuk jam 9 ke atas lebih baik dihindari,” pungkasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini