Beranda Advertorial Ciptakan Generasi Yang Berintegritas, Pendidikan Antikorupsi Masuk Materi MPLS SMA/SMK/SKh 2023

Ciptakan Generasi Yang Berintegritas, Pendidikan Antikorupsi Masuk Materi MPLS SMA/SMK/SKh 2023

Kepala Dindikbud Banten Tabrani saat berdiskusi dengan Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten.

SERANG – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA/SMK/SKh negeri tahun ajaran 2023/2024 dimulai sejak 17-19 Juli 2023. Namun, ada yang berbeda dalam MPLS tahun ini, dimana siswa-siswi baru bukan hanya dikenalkan lingkungan sekolah tapi juga diberikan pendidikan antikorpusi.

Salah satu tujuan masuknya pendidikan antikorupsi bukan hanya sekolah mencetak generasi emas yang berkualitas, tetapi juga generasi yang berintegritas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Tabrani mengatakan, pendidikan antikorpusi menjadi salah satu materi dalam MPLS SMA/SMK/SKh baik negeri dan swasta di Provinsi Banten.

“Tahun ini ada materi baru berupa pendidikan antikorupsi yang dikenalkan ke siswa,” kata Tabrani, Senin (17/3/2023).

Lebih lanjut, dikatakan Tabrani, masuknya pendidikan antikorpusi sesuai dengan kebijakan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

“Untuk penyuluh disiapkan guru PPKN yang telah tersertifikasi KPK, dan sidah mengikuti diklat,” katanya.

Menurut Tabrani, MPLS digelar selama tiga hari dari 17-19 Juli dan pelaksanaannya diawasi oleh guru serta kepala sekolah masing-masing. Ada 161 SMA dan 91 SMK Negeri yang menyelenggarakan MPLS. Sisanya adalah SMA dan SMK swasta dengan total 1.428 sekolah.

“Kita mulai tahun ini, sesuai dengan arahan gubernur bahwa pendidikan antikorupsi masuk ke sekolah,” ujarnya.

Pj Gubernur Al Muktabar menambahkan MPLS selama 3 hari harus digunakan sebagai kesempatan mengenalkan lingkungan sekolah. Menurutnya tidak boleh ada siswa yang melakukan perundungan ke peserta siswa baru.

“Itu prinsip dasar dari masa pengenalan sekolah ini. Bahkan kita sudah menanamkan pembelajaran antikorupsi sedari dini,” ujarnya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini