Beranda Peristiwa Ceramah di PWNU Banten, Begini Pesan KH Ma’ruf Amin

Ceramah di PWNU Banten, Begini Pesan KH Ma’ruf Amin

KH Ma'ruf Amin saat menyampaikan ceramah di acara PWNU Banten. (Foto : Ade)

SERANG – KH Ma’ruf Amin menyatakan peran ulama-ulama Banten dulu sangat membantu terhadap pembentukan Nahdlatul Ulama di Indonesia. Sebab guru para pendiri Nahdlatul Ulama berasal dari wilayah Banten.

“Saya merasa bangga NU Banten telah bangkit kembali. Selama ini bukan tidak ada tapi belum bangkit. NU emang didirikan di Surabaya Jawa Timur oleh para ulama, tapi guru para pendiri NU ada di Banten seperti Syeh Nawawi juga Syeh Abdul Karim gurunya para tarekat yang berada di berbagai daerah. Jadi sudah seharusnya NU Banten bangkit kembali,” ujarnya saat mengisi ceramah pada kegiatan pelantikan PWNU Banten periode 2018-2023 di Alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu (13/10/2018).

Ia mengajak keluarga besar NU Banten untuk berpartisipasi aktif menjaga keutuhan NKRI. Masyarakat Banten bertanggung jawab untuk menjaga dan merawat agar bangsa Indonesia tidak terpecah belah. “Oleh karena itu sekarang NU tugasnya menjaga negara dan juga menjaga agama. Kita ngga mau negara ini hancur, maka agar negara kita ini kuat harus kita satukan,” ucapnya.

Kemudian, ia meminta pada seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menerapkan ideologi pancasila dan UUD 1945 dalam setiap aktifitas keseharian warga. Masyarakat jangan mudah terpecah belah oleh perbedaan pendapat dan pilihan serta menjaga nilai-nilai Pancasila dan UUD 45 dan tidak terjebak di konflik ideologi.

“Pancasila itu titik temu yang membentuk NKRI. Pancasila adalah rahmat bagi bangsa Indonesia. UUD 45 adalah kesepakatan nasional atau kesepakatan saudara sebangsa dan setanah air. Maka dengan Pancasila dan UUD 45 kesepakatan itulah negara ini terbentuk. Jadi Indonesia merupakan negara kesepakatan,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini