Beranda Pendidikan Cek 7 Kesalahan Saat Menulis Resume Berbahasa Inggris

Cek 7 Kesalahan Saat Menulis Resume Berbahasa Inggris

Ilustrasi - foto istimewa

Anda yang hendak melamar pekerjaan ke perusahaan luar negeri maupun multinasional, tentu kerap diberi syarat untuk membuat resume berbahasa Inggris. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui berbagai kesalahan ketika menulis resume berbahasa Inggris, sehingga tidak menghasilkan dokumen yang memuaskan HRD.

Apabila Anda ingin memiliki resume berbahasa Inggris yang baik tanpa ada kesalahan apapun, Anda bisa mengunjungi situs resume Inggris untuk melihat bagaimana contoh resume yang baik dan benar. Dengan begitu, Anda dapat menulis dokumen penting untuk melamar pekerjaan yang menarik dan sesuai dengan aturan.

Menulis resume berbahasa Inggris sangat penting untuk dikuasai. Terlebih, di era yang serba cepat dengan teknologi seperti sekarang ini, berbagai pekerjaan di seluruh dunia bisa dilakoni dengan mudah. Internet memberikan kepada siapapun untuk bisa bekerja di mancanegara asal memiliki keahlian dan kemauan.

Kesalahan Saat Menulis Resume Berbahasa Inggris

Jika Anda pernah atau hendak menulis resume berbahasa Inggris, ada baiknya mengetahui berbagai kesalahan yang kerap dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat mengevaluasi hasil tulisan Anda sehingga menghasilkan resume yang lebih baik dan menarik dan Anda pun akan berpotensi mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Berikut ulasannya.

1.   Ejaan

Kesalahan ejaan ketika menulis resume berbahasa Inggris merupakan salah satu hal yang kerap dilakukan. Bahkan, tidak hanya dalam menulis resume, tetapi juga ketika menulis berbagai jenis tulisan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia sekalipun.

Maka dari itu, apabila Anda hendak menulis resume berbahasa Inggris dengan baik, Anda harus memahami dan memperhatikan grammar, spelling, sampai typo. Terlebih, kesalahan ejaan bisa berakibat fatal untuk pelamar kerja. Ada banyak spelling checker yang bisa digunakan di internet, atau Anda bisa meminta bantuan teman yang ahli dalam bahasa Inggris untuk memperbaikinya.

2.   Penulisan Gelar

Gelar yang didapat di Indonesia terkadang tidak sama dengan gelar yang ada di negara lain. Maka dari itu, kesalahan dalam penulisan gelar dalam menulis resume bahasa Inggris patut diperbaiki dan dicegah.

Anda dapat mencari informasi bagaimana penulisan gelar S1 Anda dalam bahasa Inggris. Misalnya, apabila Anda merupakan lulusan sastra, maka ditulis Bachelor of Literature.

3.   Panjang

Membuat CV yang menarik tentu bisa menjadi salah satu hal yang menunjang untuk proses rekrutmen kerja. Akan tetapi, jika Anda menulis resume berbahasa Inggris yang terlalu panjang, maka itu bisa menjadi kesalahan besar.

Perekrut memang memiliki keinginan untuk membaca resume yang Anda buat, akan tetapi apabila resume yang Anda tulis terlalu panjang maka akan sangat membosankan bagi perekrut. Pastikan resume ditulis secara ringkas, namun memiliki pesan yang efektif untuk disampaikan.

4.   Pemakaian Poin

Dalam menulis resume berbahasa Inggris, jangan terlalu banyak menulis paragraf panjang seperti menulis novel atau essay. Anda pun dapat menggunakan poin atau bullets dalam menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan dalam resume tersebut.

Jika menggunakan poin, maka Anda bisa lebih mudah dalam menulis dan meminimalisir kesalahan. Sebab, kalimat yang ditulis akan lebih ringkas dan padat.

5.   Informasi yang Dicantumkan

Jangan sampai resume yang Anda tulis tidak menyampaikan informasi penting yang harus dicantumkan. Kesalahan dalam menulis resume bahasa Inggris lainnya adalah tidak mencantumkan prestasi. Padahal, dengan mencantumkan prestasi, tentu dapat menjadi pertimbangan bagi perekrut.

Pastikan Anda pun mencantumkan deskripsi diri yang ringkas dan jelas. Jangan sampai Anda lupa mencantumkan informasi penting dalam resume berbahasa Inggris dan malah menjadi kesalahan yang membuat Anda kehilangan kesempatan kerja.

6.   Frasa yang Terlalu Panjang

Dalam bahasa Inggris, frasa kata benda memang kerap digunakan cukup sering, akan tetapi kalau sering dipakai maka akan terlihat dipaksakan. Bahkan, frasa yang terlalu panjang pun bisa membuat maksud kalimat yang ditulis menjadi rancu. Anda bisa menggunakan frasa yang efektif, ringkas, dan mudah dipahami. Sehingga, perekrut mampu memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Jika itu terjadi, perekrut bisa saja menolak lamaran Anda.

7.   Kontak yang Profesional

Email merupakan salah satu kontak yang kerap digunakan dalam mengirimkan berkas di perusahaan mancanegara atau multinasional, termasuk resume kerja. Oleh karena itu, pastikan kontak email Anda tampak profesional, hindari alamat email yang berlebihan dengan karakter yang sulit untuk diingat. Buatlah kontak Anda lebih profesional sehingga perekrut merasa yakin tentang kompetensi Anda.

Dengan memahami berbagai kesalahan dalam menulis resume berbahasa Inggris di atas, Anda bisa membuat dokumen untuk melamar pekerjaan ke perusahaan multinasional sampai mancanegara dengan mudah. Tidak hanya itu, Anda pun bisa membuat resume sendiri tanpa bantuan orang lain dengan mudah.

Demikian pembahasan mengenai resume berbahasa Inggris yang baik serta kesalahan yang harus Anda hindari. Pahami penjelasan di atas dari literatur yang lain supaya bisa mendapatkan penjelasan yang lebih luas. (dzotan)

(***)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini