Beranda Kesehatan Cegah Virus dan Bakteri Dimulai dari Kebersihan Dapur Rumah

Cegah Virus dan Bakteri Dimulai dari Kebersihan Dapur Rumah

641
0
Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Area Dapur merupakan salah satu tempat di rumah yang paling rentan menjadi tempat bersarangnya kuman. Banyaknya aktivitas di tempat ini kadang membuat kita kurang memperhatikan kebersihan dan higienitasnya.

Kebersihan dapur tentu akan menentukan kualitas makanan yang disajikan menjadi lebih aman dan sehat, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus.

Menurut Dosen Teknologi Pangan di Indonesia International Institute for Life-Sciences (i3L), Muhamad Abdurrahman Mas, menjaga kebersihan diri dan dapur, serta memasak makanan jadi salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran virus. Ada beberapa cara mengatur dapur agar terbebas dari risiko penyebaran virus, meskipun memang setiap penyakit memiliki cara penyebaran yang berbeda-beda.

Pertama, makanan itu sendiri dapat menjadi salah satu perantara penyebaran beberapa penyakit (tetapi tidak semua). Selain itu, peralatan makan yang digunakan oleh orang sakit harus dipastikan bersih sebelum digunakan lagi untuk meminimalisir penyebaran penyakit.

“Terdapat 4 faktor di dapur yang dapat menyebabkan seseorang sakit yakni makanan, peralatan dapur, lingkungan dapur dan orang yang berada di dapur. Salah satu maupun semua faktor tersebut dapat menyebabkan penyakit, bergantung pada jenis penyakitnya. Penyebaran penyakit dapat dicegah salah satunya dengan cara memperhatikan kebersihan diri sendiri dan kebersihan WC/ kamar mandi terutama di area dekat dengan dapur,” jelas Muhamad dikutip dari detik.com.

Kemudian, untuk menjaga dapur tetap bersih dan terbebas dari penyebaran penyakit, hal lain yang harus diperhatikan adalah makanan mentah. Jangan sampai makanan mentah disimpan di tempat yang sama dengan makanan yang matang, begitu pula dengan daging mentah tidak seharusnya disimpan di tempat yang sama dengan sayuran.

“Letak dapur juga seharusnya jauh dari kamar mandi dan tempat pembuangan sampah karena tempat tersebut bisa menjadi sumber bakteri, virus serta binatang seperti tikus atau kecoa yang dapat dengan mudah berkeliaran di antara tempat pembuangan sampah dan dapur,” jelasnya.

(Red)