Beranda Peristiwa Cegah Konsumsi Narkoba Saat Mudik, Puluhan Sopir di Terminal Pakupatan Dites Urine

Cegah Konsumsi Narkoba Saat Mudik, Puluhan Sopir di Terminal Pakupatan Dites Urine

Petugas BNN Provinsi Banten melakukan pemeriksaan terhadap para sopir bus di Terminal Pakupatan Serang - (Foto Ade Faturohman)

SERANG – Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten melakukan tes urine kepada puluhan sopir bus di Terminal Pakupatan Serang, Kamis (7/6/2018).

Hal itu bertujuan mencegah penyalahgunaan narkotika di kalangan para sopir bus pada arus mudik lebaran 2018.

“Ini bentuk antisipasi kami dalam mencegah penyalahgunaan narkoba. Sebab kadang para sopir menggunakan doping tertentu saat mengemudi bus dalam jarak jauh. Jadi kami tes urine mereka,” kata Ainul Mardiyah, Kasie Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Banten saat ditemui di lokasi.

Dikatakan Ainul, tim belum menemukan indikasi penggunaan narkoba di kalangan sopir. Kemungkinan kesadaran para sopir sudah tinggi terkait bahaya mengkonsumsi narkoba.

“Jika ditemukan positif menggunakan narkoba, para sopir langsung di assesment disini, diberikan pengarahan dan pembinaan. Sementara jika sopir tersebut terbukti mengedar atau membawa dalam jumlah besar, kami akan bawa ke kantor kami,” ujarnya.

Selain BNNP Banten, BNK di Kota Cilegon dan Tangerang Selatan juga melakukan tes urine pada para sopir. “Sebab ini demi kenyamanan dan kemananan para penumpang yang melakukan mudik lebaran. Dalam tes urine ini kami libatkan juga kepolisian. Kami harap para sopir tidak menggunakan narkotika untuk doping saat mengantarkan penumpang,” terangnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini