Beranda Peristiwa Cegah Rabies, Kucing Peliharaan di Kota Serang Disuntik Vaksin

Cegah Rabies, Kucing Peliharaan di Kota Serang Disuntik Vaksin

Dalam rangka memeringati hari rabies sedunia yang jatuh pada 28 September, seratus kucing peliharaan warga di Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang mendapat suntikan vaksin rabies

SERANG – Dalam rangka memeringati hari rabies sedunia yang jatuh pada 28 September, seratus kucing peliharaan warga di Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang mendapat suntikan vaksin rabies gratis. Diharapkan agenda tahunan tersebut untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan rabies di lingkungan Kota Serang.

Kegiatan tersebut hasil kerjasama antar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan Kota Serang, Dinas Pertanian dan Peternakan  Provinsi Banten serta beberapa komunitas hewan di Kota Serang.

 

Dari sekitar 1.000 vaksin yang disiapkan oleh Distan Banten, 100 diantaranya khusus untuk vaksinasi rabies kucing di Kota Serang.

“Ini hari rabies sedunia dan Pemprov Banten melalui Dinas Pertanian kami sudah menyiapkan 1.000 dosis vaksin gratis se Banten,” kata Kadistan Banten, Agus M Tauchid di lokasi vaksinasi, Selasa (28/9/2021).

Vaksinasi rabies untuk kucing sangatlah penting guna menghindari adanya penyakit rabies dalam tubuh kucing yang bisa menularkan kepada pemiliknya dan mengakibatkan kematian.

“Tujuan utamanya pertama menyelamatkan hewan, kedua menyelamatkan manusia, ketiga menjaga supaya pertumbuhan ekonomi tidak terganggu. Kita katakan kalau semua wilayah terkena endemis rabies, ini akan mengganggu perekonomian lokalnya dan alhamdulillah Banten hampir 6 tahun tidak ada kasus rabies,” ucapnya.

Kucing yang dijadikan sasaran vaksiansi rabies karena masyarakat di Kota Serang mayoritas kucing sebagai memilih hewan peliharaan.
Adapun vaksinasi hewan selain kucing dipersilahkan untuk mendatangi Puskeswan milik Distan Banten.

“Mudah-mudahan ada proses edukasi yang kami bangun bagaimanapun hewan disekitar kita atau peliharaan ini punya potensi (terjangkit virus) kalau kita tidak rawat,” ucapnya.
Sementara Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin mengapresiasi atas kegiatan tersebut.

“Rabies tidak bisa dipandang sebelah mata, rabies itu perlu kita waspadai, makanya penyakit ini jangan sampai menular ke manusia. Harapanya kegiatan ini masyarakat juga paham dan mengetahui bahaya rabies,” ucapnya.

(Dhe/Red)