Beranda Kesehatan Cegah Rabies, Anjing dan Kucing di Cilegon Divaksinasi

Cegah Rabies, Anjing dan Kucing di Cilegon Divaksinasi

Petugas Karantina Pertanian Cilegon memvaksinasi hewan peliharaan - foto istimewa

CILEGON – Dalam rangka Hari Rabies Sedunia 2021, Karantina Pertanian Cilegon melakukan vaksinasi rabies gratis pada Hewan Penular Rabies seperti anjing dan kucing milik warga sekitar wilayah kerja Pelabuhan Merak, Ciwandan, Cigading dan Bojonegara.

“Bertepatan dengan Hari Rabies Sedunia ini kita adakan vaksinasi rabies gratis untuk hewan kesayangan milik warga sekitar khususnya hewan penular rabies seperti anjing, kucing, kera dan musang,”ujar drh. Wagimin selaku subkoordinator Karantina Hewan melalui keterangannya, Kamis (30/9/2021).

Wagimin menjelaskan bahwa sebelumnya telah dilakukan pengambilan sampel darah dan pemberian vitamin terhadap anjing-anjing tersebut dan sampel darah dari hewan pembawa Rabies dilakukan uji titer antibodi terhadap branies dengan mtode serologi Elisa Rabies di Laboratorium Karantina Cilegon.

“Hasil uji lab kemarin dari 40 sampel didapat hasil 7 ekor memiliki titer antibodi protektif dan sisanya tidak protektif, sehingga kita lakukan vaksinasi,”ujar Wagimin.

Wagimin juga menyebutkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cilegon yang membidangi peternakan dan mendapat dukungan untuk melaksanakan program vaksinasi rabies ini.

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan oleh dokter hewan karantina dan paramedik karantina. Tidak hanya dilakukan di kantor Balai Karantina tetapi juga di Masyarakat sekitar sepanjang jalan arah pelabuhan Merak menuju kantor karantina sampai pintu tol Merak dan sepanjang jalan menuju pelabuhan Ciwandan, Cigading dan pelabuhan Bojonegara.

Arum menghimbau masyarakat dan mitra karantina pertanian untuk selalu melindungi hewan pembawa Rabies memiliki antibodi protektif melalui pola pemeliharaan baik dan pemberian suportif antibodi melalui vaksin. Hal ini untuk mewujudkan tercapainya one health sebagai nama lainya kesehatan hewan dan masyarakat.

(Red)