Beranda Kesehatan Cegah Polusi Udara, Pemkot Tangerang Gelar Uji Emisi Gratis

Cegah Polusi Udara, Pemkot Tangerang Gelar Uji Emisi Gratis

Uji Emisi Gratis DLH Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Pencemaran udara merupakan salah satu tantangan yang umum dihadapi di wilayah perkotaan, tak terkecuali Kota Tangerang. Sebab itu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menggelar Uji Emisi Gratis, di depan Masjid Raya Al Azhom, Kota Tangerang, Senin (5/6/2023).

DLH mencatat penyumbang emisi di Kota Tangerang tertinggi sampai saat ini, masih diduduki oleh kendaraan bermotor dan terendah adalah rumah tangga.

“Hal inilah yang terus kita tangani dengan berbagai intervensi dan penguatan sosialisasi untuk sama-sama kita perhatikan dan sama-sama bertanggungjawab menjaga kesehatan udara,” ungkap Dadang Basuki, Sekretaris DLH, Kota Tangerang dalam keterangannya.

Dia menyatakan, dalam uji emisi gratis ini juga merupakan rangkaian kegiatan akbar yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di delapan kota kabupaten penyangga ibu kota. Sedangkan untuk kouta dalam kegiatan ini, ialah 75 kendaraan bermotor maupun mobil.

“Jika ditemukan kendaraan yang tidak lulus uji emisi, petugas akan fokus pada sosialisasi, untuk pemilik kendaraan lebih peduli pada perawatan dan penggunaan kendaraan. Pasalnya, efek yang diberikan tak hanya pada kendaraan pribadi namun juga lingkungan luas,” jelasnya.

Lanjutnya, uji emisi kendaraan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan laju pencemaran udara dari kendaraan bermotor. Dari pengujian ini, dapat diketahui kinerja mesin yang terdeteksi oleh monitor khusus, termasuk tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin.

Efisiensi pembakaran yang baik dipengaruhi oleh perawatan kendaraan secara berkala sehingga awet dan tahan lama, kemudian irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Selain itu, penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan juga akan berdampak pada kualitas emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

“Dengan ini, dimomen Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini Pemkot Tangerang mengimbau untuk masyarakat lebih peduli pada perawatan dan kesehatan kendaraannya, untuk kesehatan udara dan lingkungan Kota Tangerang yang lebih sehat lagi,” imbaunya.

Sementara itu, Rozi salah seorang peserta uji emisi menuturkan bahwa kendaraan motor miliknya telah lulus uji emisi. Ini pun menjadi pengalaman pertamanya, melakukan uji emisi pada kendaraannya.

“Motor saya tahun lama, tahun 2007 tapi buat saya merawat mesin adalah hal penting. Merawat mesin awalnya buat kenyamanan dan keamanan saya berkendara, tapi ternyata berpengaruh juga untuk kesehatan udara lingkungan. Jadi ya ayo kita jaga,” tutur Rozi.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini