Beranda Hukum Cegah PMK, Peternak Diingatkan Agar Selalu Jaga Kebersihan Kandang

Cegah PMK, Peternak Diingatkan Agar Selalu Jaga Kebersihan Kandang

Hewan Kurban

KAB. SERANG – Dalam mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, jajaran personel Bhabinkamtibmas Polsek Mancak Polres Cilegon  menyambangi kandang ternak milik warga di desa binaan guna mengingatkan kebersihan kandang dan kesehatan ternak, Minggu (3/7/2022).

Kapolsek Mancak, AKP Dikdik Rustandi menjelaskan pihaknya telah memerintahkan jajaran personel Bhabinkamtibmas untuk memantau dan berkomunikasi dengan para peternak yang ada di Desa binaannya, terkait PMK pada ternak seperti pada hewan sapi, kerbau dan kambing yang sedang mewabah saat ini sebagai langkah antisipasi penyakit pada hewan ternak tersebut.

“Sebagai bentuk tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dalam menindaklanjuti atensi pimpinan tersebut, BRIPKA Darsiwan, sebagai personel Bhabinkamtibmas Desa Mancak, langsung memantau ke kandang hewan ternak milik warga masyarakat di Desa binaannya, melakukan pengecekan terhadap kondisi hewan ternak sebagai langkah dalam mengantisipasi penyebaran wabah PMK pada hewan ternak tersebut,” ujarnya.

Seperti saat melakukan pengecekan terhadap kandang ternak hewan kambing milik Kamsin di Kampung Suka Cai Rt 003/001, Desa Mancak, memberikan imbauan dan mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan kandang, membuang kotoran secara berkala agar hewan ternak miliknya tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari wabah penyakit.

Kapolsek berharap kepada jajaran personel Bhabinkamtibmas untuk segera melaporkan jika ada kejadian hewan ternak yang terindikasi penyakit PMK.

“Ini agar bisa ditindaklanjuti dengan menghubungi Dinas Peternakan terkait sebagai langkah meminimalisir penyebaran PMK pada hewan ternak tersebut,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini