Beranda Berita Cegah Penyebaran Penyakit, Ribuan DOC Asal Purwakarta Diperiksa di Cilegon

Cegah Penyebaran Penyakit, Ribuan DOC Asal Purwakarta Diperiksa di Cilegon

1071
0
Karantina Pertanian Cilegon melakukan pemeriksaan terhadap DOC (Day Old Chick) atau anak ayam umur satu hari yang akan dikirim ke Sumatera - foto istimewa

SERANG – Pejabat Karantina Hewan Karantina Pertanian Cilegon melakukan pemeriksaan terhadap DOC (Day Old Chick) atau anak ayam umur satu hari yang akan dikirim ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Pejabat Karantina Hewan, Ahmad mengatakan ada sebanyak 5.600 ekor DOC asal Purwakarta dengan tujuan tiga daerah di Sumatera yang diperksa.

“DOC asal Purwakarta yang kami periksa ini rencananya akan dikirim ketiga daerah di Sumatera, yaitu Lampung, Jambi dan Palembang,” jelas Ahmad melalui siaran tertulis, Rabu (3/2/2021).

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kelengkapan dokumen, kesesuaian jenis, jumlah dan kemasan serta kesehatan.

“Pemeriksaan Doc ini dilakukan guna mencegah keluar dan tersebarnya penyakit dari daerah ke daerah lain,” jelasnya.

DOC (Day Old Chick) atau anak ayam umur satu hari yang akan dikirim ke Sumatera – foto istimewa

Pemantauan HPHK rutin dilakukan dalam mewujudkan produksi hewan seperti unggas sehat.

Kepala Karantina Pertanian Cilegon Arum Kusnila Dewi menyebut, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, penyelenggaraan karantina ditujukan untuk mencegah tersebarnya Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dari satu area di wilayah Indonesia.

“Sesuai amanat UU Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, penyelenggaraan karantina ditujukan untuk mencegah tersebarnya Hama Penyakit Hewan Karantina HPHK dari satu area ke area lain di wilayah Indonesia. Maka, Doc sebagai Media Pembawa HPHK dikenakan tindakan karantina” jelas Arum.

(Red)