Beranda Kesehatan Cegah Penyebaran Covid-19, Ratusan Anggota Kodim Pandeglang Lakukan Tes Swab

Cegah Penyebaran Covid-19, Ratusan Anggota Kodim Pandeglang Lakukan Tes Swab

Anggota Kodim Pandeglang jalani tes swab. (Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Guna memutus mata rantai dan mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Pandeglang, ratusan personil Kodim 0601/Pandeglang mengikuti tes swab yang dilaksanakan di Aula Makodim 0601/Pandeglang.

Komandan Kodim (Dandim) 0601/Pandeglang, Letkol Kav Dedi Setiadi mengatakan, Swab Test Covid-19 dilakukan untuk memastikan kesehatan para anggotanya dan mendukung program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Pandeglang.

“Kita mendukung program pemerintah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan Swab Test Covid-19 ini kita lakukan kepada seluruh prajurit Kodim 0601/Pandeglang yang berjumlah 400 personil, dan kita bagi sebanyak 2 tahap, kemarin dan hari ini. Ini kita lakukan, untuk mendeteksi dini dan mencegah penyebaran Covid-19 dijajaran Kodim 0601/Pandeglang,” kata Dandim, Selasa (29/12/2020).

Dedi menjelaskan, apabila nanti hasilnya ada yang positif maka akan di ambil tindakan sesuai dengan protokol kesehatan dengan melaksanakan karantina mandiri dan upaya pencegahan lainya.

“Apabila nanti hasilnya ada yang terkonfirmasi positif, kita akan lakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari,” jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Sulaeman menyampaikan, kegiatan tes swab ini adalah hasil kerjasama antara Kodim 0601/Pandeglang dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang guna memastikan kesehatan prajurit yang ada di Kodim Pandeglang.

Kata dia, petugas kesehatan yang saat ini ikut diterjunkan meliputi petugas dari Puskemas Cikupa, Puskemas Bangkonol dan Puskesmas Pandeglang. Sedangkan untuk hasilnya kemungkinan baru bisa diterima oleh pihaknya sekitar satu minggu ke depan.

“Apabila ada yang terkonfirmasi positif Covid-19, kita lakukan isolasi mandiri dirumah masing-masing. Karena di gedung PKP-RI saya kira tidak mungkin, makanya kita lakukan dirumah saja selama 14 hari. Tapi saya berharap sih tidak ada yang positif,” tutupnya. (Med/Red/SG)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini