Beranda Peristiwa Cegah Penyakit Tuberkulosis, Rutan Pandeglang Gelar Penyuluhan

Cegah Penyakit Tuberkulosis, Rutan Pandeglang Gelar Penyuluhan

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pandeglang menggelar penyuluhan Tuberkulosis pada seluruh warga binaan - Foto Memed/BantenNews.co.id

PANDEGLANG – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pandeglang menggelar penyuluhan Tuberkulosis pada seluruh warga binaan. Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman pada warga binaan bahaya dan pencegahan Turbekulosis.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten dr. Devina, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Eka sebagai Asror Tuberkulosis, Team Turberkulosis dari Provinsi Banten, dan Team Monev Keswat dari Kantor Wilayah kementerian hukum dan Ham Banten.

Kepala Rutan Kelas IIB Pandeglang, Heri Kusrita mengatakan, kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang Tuberkulosis baik gejala, ciri-ciri penyakit Tuberkulosis, penularannya, dan pencegahannya kepada Warga Binaan Rutan Pandeglang.

“Penyuluhan bagi Warga Binaan Rutan Pandeglang dengan materi Tuberkulosis atau TBC, tujuannya tidak lain agar warga binaan mengetahui bahaya dan cara mencegah penyakit Tuberkulosis,” kata Heri, Selasa (26/6/2018).

Kata Heri, untuk saat ini tidak ditemukan warga binaannya yang mengidap penyakit Tuberkulosis, karena kata Heri, wargaa binaan yang baru menjalani masa tahanan dilakukan screening Tuberkulosis guna mengetahui apakah warga binaan tersebut mengidap penyakit Tuberkulosis atau tidak.

“Untuk tahanan yang baru masuk di screening TB, khawatir kalau ada yang mengidap penyakit TB jadi kami bisa langsung melakukan pengobatan kepada yang bersangkutan. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kalau ada gejala batuk, dengan membawa dahak warga binaan untuk dites di laboratorium,” katanya.

Heri berharap, semua warga binaan yang menghuni Rutan Kelas IIB Pandeglang bisa menjaga kebersihan baik lingkungan kamar masing-masing atau lingkungan sekitar Rutan. Ia juga berharap, kegiatan ini bisa terus dilakukan kedepannya.

“Harapannya agar warga binaan mengetahui dampak dari Penyakit TB dan selalu menjaga kebersihan kamar/blok hunian dan bisa disampaikan untuk keluarganya, semoga kegiatan bersama Dinas Kesehatan bisa berjalan terus menerus,” harapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini