Beranda Kesehatan Cegah Penularan Virus, RSUD Balaraja Gelar Lomba Kreasi Cuci Tangan

Cegah Penularan Virus, RSUD Balaraja Gelar Lomba Kreasi Cuci Tangan

RSUD Balaraja Gelar Lomba Kreasi Cuci Tangan

KAB. TANGERANG – Para tenaga kerja (Nakes) dituntut agar selalu menjaga kebersihan tangan untuk mencegah infeksi terhadap pasien dari bakteri yang mematikan maupun bakteri yang kebal terhadap antibiotik. RSUD Balaraja menyadari betul pentingnya mencegah dan melakukan pengendalian infeksi terhadap pasien.

Hal itulah yang melatari digelarnya lomba kreasi cuci tangan bagi para tenaga kesehatan di rumah sakit. Lomba yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing instalasi/unit/bagian baik medis maupun nonmedis ini dilakukan untuk memeriahkan HUT RSUD Balaraja ke-11, dan untuk persiapan penilaian akreditasi rumah sakit di Indonesia.

“Penyedia layanan kesehatan harus memastikan tangannya bersih dengan cara selalu mencuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir. Apalagi sebelum kontak dengan pasien,” kata Direktur RSUD Balaraja, dr Reniati dalam keterangannya, Minggu (11/9/2022).

Menurut dr. Reniati, setiap Nakes yang ada di rumah sakit memiliki peran yang sangat potensial dalam penularan berbagai virus. Mengingat, para nakes ini selalu berinteraksi dengan pasien satu dengan lainnya.

“Nakes ini adalah media yang sangat potensial menyebarkan berbagai virus dan kuman antara pasien yang satu dengan pasien yang lainnya. Apalagi, pasien yang sedang dalam keadaan imunitas yang rendah tentunya akan sangat mudah terjangkit penyakit,” ucapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini para Nakes yang ada di RSUD Balaraja dapat lebih memahami akan pentingnya cuci tangan dan juga menjaga kebersihan. Sehingga, para pasien atau nakes yang ada dapat terhindar dari penularan virus atau bakteri yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini para Nakes yang ada dapat teredukasi akan pentingnya cuci tangan,” ujar Direktur wanita tersebut.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini