Beranda Kesehatan Cegah Obat Kedaluarsa, Dinkes Kota Tangerang Cek Farmasi Puskesmas

Cegah Obat Kedaluarsa, Dinkes Kota Tangerang Cek Farmasi Puskesmas

Dinas Kesehatan Kota Tangerang beserta Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) cek obat di Puskesmas dan layanan kesehatan - foto istimewa

TANGERANG – Dinas Kesehatan Kota Tangerang beserta Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) mengunjungi Puskesmas dan layanan kesehatan di Kota Tangerang, guna meningkatkan pelayanan kesehatan. Kali ini tim mengunjungi Puskesmas Karang Tengah, Kamis (1/9/2022).

Pada agenda kali ini, yang juga menjadi kegiatan rutin setiap tahun, berfokus pada pembinaan dan pengawasan terkait kefarmasian.

Tim Kefarmasian dan Perbekalan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Marzuki menyampaikan bahwa pihaknya melakukan pemeriksaan terkait tenaga farmasi, sarana dan prasarana, pelayanan kesehatan dan pengelolaan obat di beberapa poli yang menyediakan obat-obatan.

“Kemudian memeriksa ketersediaan dan expired date pada obat-obatan. Dan melakukan sampling-sampling kesesuaian stok fisik dan data laporan yang dibuat tenaga Farmasi,” katanya.

Sementara itu, demi meningkatkan pelayanan kesehatan, Puskesmas Karang Tengah akan berupaya memperbaiki sistem pelayanan dari hasil evaluasi yang diberikan. Salah satunya dalam pengelolaan obat-obatan.
.
“Kami mendapatkan arahan dari Dinas Kesehatan mengenai tata kelola obat, sehingga kami dapat mengendalikan distribusi obat yang ada di Puskesmas sesuai dengan ketentuan Dinas Kesehatan. Dan membentuk tim khusus untuk pengecekan mengenai tata kelola obat, agar berjalan dengan baik.” Jelas drg. Dwi Lestari, selaku Kepala Puskesmas Karang Tengah.

Puskesmas Karang Tengah juga melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap apotek-apotek di wilayah kerjanya. Dan melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui Gema Cermat yang secara rutin dilakukan apoteker atau asisten apoteker berkunjung ke posyandu

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ