Beranda Peristiwa Cegah Kemacetan Saat Mudik di Merak, Truk Dialihkan ke Pelabuhan Tanjung Priok

Cegah Kemacetan Saat Mudik di Merak, Truk Dialihkan ke Pelabuhan Tanjung Priok

Ilustrasi truk - foto istimewa detik.com

CILEGON – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan guna mencegah kemacetan saat mudik mendatang, pihaknya bakal mengalihkan truk sembako menyeberang ke Sumatera melewati Pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga tidak melintas melalui Pelabuhan Merak.

“Truk sembako saat mudik nanti akan dialihkan ke Pelabuhan Priok menuju Pelabuhan Panjang,” ujarnya Menhub saat meninjau Persiapan Arus Mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Sabtu (11/5/2019).

Dia menyatakan untuk pengangkutan truk ini pihaknya akan meminta bantuan TNI AL.

“Untuk ini kemungkinan kita akan mendapatkan bantuan TNI AL. Tadi saya telpon Panglima, mudah-mudahan nanti TNI AL bisa membantu, jadi truk truk tertentu tidak usah lagi lewat sini (Pelabuhan Merak-red), langsung dari Pelabuhan Priok saja,” terangnya.

Kemudian selanjutnya, kata dia, untuk mencegah adanya kemacetan pihaknya akan meminta juga menggunakan pelabuhan-pelabuhan yang ada di sekitar Pelabuhan Merak.

“Kita juga akan memprioritaskan menggunakan kapal kapasitas besar dan cepat, jadi kapal yang kecil tidak di prioritaskan melakukan pelayanan,” ucapnya.

Selain itu, untuk kelancaran pemudik, pihaknya juga bakal memaksimalkan pembelian tiket secara online.

“Tiket online sudah ada, makannya pemudik diharapkan bisa memesan tiket online, dengan tiket online juga kita bisa memudahkan untuk memprediksi jam puncaknya dimana, tapi pengalaman tahun lalu belum efektif, oleh karenanya campaig tentang tiket online ini harus ditingkatkan,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, ada upaya lain supaya mencegah terjadinya kemecetan saat mudik yakni dengan sistem ganjil genap. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini