Beranda Pemerintahan Cegah Kecelakaan Saat Mudik, Dishub Pandeglang Segera Uji Kelaikan Kendaraan

Cegah Kecelakaan Saat Mudik, Dishub Pandeglang Segera Uji Kelaikan Kendaraan

Penguji Kendaraan Bermotor Dishub Pandeglang, Rhendy Heryandi

PANDEGLANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabuaten Pandeglang segera menggelar ramp check atau uji kelaikan seluruh armada dari perusaahan otobus (PO) yang bakal digunakan untuk mengangkut warga selama arus mudik dan arus balik lebaran. Ini dilakukan guna mencegah adanya kecelakaan saat mudik.

Penguji Kendaraan Bermotor Dishub Pandeglang, Rhendy Heryandi mengatakan, kegiatan uji kelaikan kendaraan selalu diagendakan setiap tahunnya, namun untuk waktu uji kelaikan tahun ini masih menunggu surat dari Kemenhub dan Dishub Provinsi Banten.

“Kami sudah mengagendakan dari tahun ke tahun mengenai ramp check, kami menunggu surat dari kementerian maupun dari dinas perhubungan provinsi kapan dan waktunya tanggal berapa akan di laksanakannya itu untuk kesamaan persepsi nanti,” terangnya, Santu (18/5/2019).

Menurutnya, ada empat kategori dalam pemeriksaan kendaraan yang harus diperhatikan, selain itu ada beberapa komponem lain yang ditidak kalah penting untuk diperiksa yakni pemeriksaan rangkaian stang stir, rem dan ban kendaraan.

“Kebetulan di kendaraan itu ada empat katagori yang harus di periksa adalah komponen utama, komponen pendukung, komponen pelengkap, komponen yang lainnya, terutama yang harus di taati dan periksa secara mendetail adalah rangkaian stang stir, rem, dan ban,” bebernya.

Ia juga menegaskan, jika ditemukan kendaraan yang mengalami kerusakan pihaknya akan mengembalikan ke setiap pul, tindakan tersebut di lakukan agar setiap PO atau Otobus bisa secepatnya memperbaiki.

“Kondidi kendaraan di temukan ada kerusakan kami kembalikan ke pul masing masing sesuai dengan kesepakatan dan kami akan tegaskan di setiap pul kendaran supaya kendaraan yang kekurangannya dan kerusakannya bisa diganti langsung penekanannya, dengan upaya supaya kendaraan itu baik dan bisa di oprasikan,” tegasnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini