Beranda Peristiwa Cegah HPHK, Pelabuhan di Cilegon Gunakan Biosecurity Spraying Desinfektan

Cegah HPHK, Pelabuhan di Cilegon Gunakan Biosecurity Spraying Desinfektan

Pelabuhan di Cilegon Gunakan Biosecurity Spraying Desinfektan - foto istimewa

CILEGON – Karantina Pertanian Cilegon melakukan uji coba tahap awal biosecurity yang berupa spraying pada alat angkut menggunakan cairan desinfektan di Pelabuhan Cigading, Kota Cilegon.

“Uji coba alat spraying ini Alhamdulillah lancar dan instalasi berfungsi dengan baik dan dapat segera dilakukan uji coba selanjutnya. Kami lakukan demi mencegah masuk dan keluarnya media pembawa HPHK dan OPTK yang mungkin terbawa pada komoditas pertanian yang di impor maupun ekspor,” terang Arum Kusnila Dewi, Kepala Karantina Pertanian Cilegon dalam keterangannya, Minggu (26/6/2022).

Biosecurity diaplikasikan dalam bentuk spraying menggunakan peralatan otomatis khusus dengan desinfektan standar Badan Karantina Pertanian yang diaplikasikan pada alat angkut (truk). Alat spraying tersebut akan diterapkan di pintu keluar alat angkut (truk) di dalam area Pelabuhan Cigading.

“Dalam pelaksanaan biosecurity nanti tetap di bawah pengawasan Karantina Pertanian Cilegon. Nanti kami tugaskan pejabat karantina tumbuhan , hewan dan petugas non ASN untuk melakukan pengawasan,” tambah Arum.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini