Beranda Ramadan Cegah Crowded, Kapolri Minta Jalur Mudik ke Pelabuhan Ciwandan Disosialisakan Lebih Baik

Cegah Crowded, Kapolri Minta Jalur Mudik ke Pelabuhan Ciwandan Disosialisakan Lebih Baik

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi, Karya Sumadi, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Pelabuhan Ciwandan - (Usman Temposo/BantenNews.co.id)

CILEGON – Kapolri Jenderal Listyo Sigit meminta pihak terkait agar jalur mudik khusus ke Pelabuhan Ciwandan Pelindo II, Kota Cilegon, Banten agar disosialisakan dengan baik kepada masyarakat.

“Ini perlu saya sampaikan dan saya tambahkan terkait penggunaan Pelabuhan Ciwandan sebagai salah satu yang digunakan untuk kendaraan roda 2 benar-benar disosialisasikan dari awal, kemudian personel juga dipersiapkan dengan lebih baik. Demikian juga dengan rambu-rambu yang masyarakat mungkin belum tahu Pelabuhan Ciwandan kemana agar tidak terjadi crowded,” ujar Kapolri saat konferensi pers usai meninjau Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Merak, Senin (10/4/2023).

Kapolri menyatakan bahwa pihaknya di bawah jajaran Kementerian PMK diminta untuk secara lebih awal melakukan pengecekan dan perencanaan bersama sehingga kesiapan menghadapi arus mudik dan balik tahun 2023 ini bisa lebih baik karena memang tadi ada peningkatan jumlah pemudik.

“Alhamdulillah tadi hasil pengecekan bersama sudah ada beberapa penambahan terkait dengan kapasitas rest area, kapasitas tempat parkir, dan ada juga pengaturan langsung antara Pelabuhan Merak dan Ciwandan sehingga kemudian ini bisa bermanfaat mengurangi beban terhadap risiko kepadatan yang terjadi,” ucapnya.

Kapolri juga mengimbau masyarakat agar berangkat mudik pada siang hari. Ini dilakukan demi keamanan para pemudik di perjalanan.

“Anjuran kepada masyarakat bahwa untuk siang dan malam ini tentunya kecenderungan kepadatan malam hari jauh lebih padat daripada siang hari. Kita anjurkan untuk pilihan alternatif siang bisa dipilih dan tentunya kami dari Polri akan mengawal apabila ada kerawanan sepanjang jalan karena pilihan waktu siang kemudian menjadi pilihan yang beberapa waktu dipilih karena masalah risiko keamanan di jalan, maka kami dari Polri akan mempersiapkan pengawalan baik yang memilih siang atau malam sehingga di jalan tidak ada gangguan kejahatan, khususnya di jalur setelah turun dari Bakauheni dan mengarah ke tujuan masing-masing,” imbuhnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini