Beranda Kesehatan Cegah Covid-19, Rutan Pandeglang Gelar Rapid Test pada Warga Binaan

Cegah Covid-19, Rutan Pandeglang Gelar Rapid Test pada Warga Binaan

358
0
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pandeglang menggelar kegiatan rapid test massal pada seluruh warga binaan dan petugas Rutan - (Foto Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pandeglang menggelar kegiatan rapid test massal pada seluruh warga binaan dan petugas Rutan. Setidaknya ada 175 warga binaan dan 65 petugas yang mengikuti kegiatan ini.

Kepala Rutan Kelas IIB Pandeglang, Jupri menyampaikan, kegiatan rapid test ini adalah bentuk kerjasama antara Rutan Pandeglang, Dinkes provinsi dan Dinkes Kabupaten Pandeglang.

“Tujuannya untuk memastikan tidak ada penyebaran virus Corona di lingkungan Rutan baik pada warga binaan maupun petugas Rutan Pandeglang. Total jumlah warga binaan saat ini sekitar 175 dan petugas 65 orang,” ungkapnya.





Jupri memastikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan ruang isolasi apabila ada warga binaan yang hasil tesnya reaktif. Sementara jika ada petugas yang reaktif pihaknya juga akan menonaktifkan sementara yang bersangkutan.

“Apabila ada yang ditemukan reaktif kami sudah menyiapkan ruang isolasi khusus warga binaan, sedangkan kalau ada pegawai yang reaktif kami akan rumahkan dulu sementara waktu,” tegasnya.

Ia menjelaskan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona sementara kunjungan pada warga binaan ditiadakan sementara. Sedangkan untuk mengisi waktu selama Pandemi Corona warga binaan biasanya melakukan pengajian dan beberapa kegiatan kesenian lain.

Selama Corona kami melakukan pengajian, ini rutin kami laksanakan setiap setiap hari, kegiatan gamelan dan yang mengikuti marawis juga ada karena kebetulan kami mendapatkan bantuan alat,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pandeglang Achmad Sulaeman mengatakan dari semua warga binaan dan petugas yang mengikuti kegiatan hasil Rapid testnya semua non reaktif.

“Alhamdulilah hasil rapidnya non reaktif semua jadi ga perlu ada yang dikhawatirkan,” ucapan.

(Med/Red)