Beranda Kesehatan Cegah Covid-19, Pedagang Pasar Blok F dan Pasar Kranggot Ikuti Rapid Test

Cegah Covid-19, Pedagang Pasar Blok F dan Pasar Kranggot Ikuti Rapid Test

Pedagang di Pasae Blok F Cilegon dirapidtest. (Usman/bantennews)

CILEGON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten bekerjasama dengan Dinkes dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon menyelenggarakan rapid test gratis untuk masyarakat dan pedagang di Pasar Blok F, Kecamatan Cilegon dan Pasar Kranggot, Kecamatan Jombang, Kamis (23/4/2020).

Dalam kegiatan pemeriksa kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut disediakan sebanyak 700 rapid test secara gratis.

“Kegiatan sasarannya adalah di wilayah lingkungan pasar, dan insya Allah dari Dinas Kesehatan menyiapkan sebanyak 700 rapid test yang diselenggarakan di Pasar Blok F dan Pasar Kranggot yang menyasar para pedagang dan masyarakat sekitar. Alhamdulillah animonya luar biasa,” ujar Sekretaris Disperindag Kota Cilegon, Bayu Panatagama di sela kegiatan.

Bayu menyatakan bahwa pihaknya mendorong sebanyak 350 orang di Pasar Blok F dan 350 orang di Pasar Kranggot untuk melakukan pemeriksaan rapid test.

“Rapid test ini cukup bagus guna mendeteksi Covid-19 secara dini,” terang Bayu.

Dia menjelaskan bahwa untuk hasil dari pemeriksaan rapid test tersebut, nanti bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan.

“Nanti bila orang yang dirapid test itu reaktif nanti akan dihubungi petugas melalui SMS, jadi hasilnya tidak terbuka secara umum,” terangnya.

“Kalau tidak ditelepon atau SMS berarti negatif, kalau ada SMS atau telepon berarti reaktif. Berarti harus ada tindakan lebih lanjut, tindakannya apa? mungkin ada anjuran agar melakukan isolasi mandiri, atau meningkatkan kekebalan tubuhnya, nanti kalau ada tindakan lebih lanjut akan dibantu oleh Dinas Kesehatan,” imbuhnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini