Beranda Nasional Cegah Corona Masuk RI, Pemulangan WNI Bakal Diperketat

Cegah Corona Masuk RI, Pemulangan WNI Bakal Diperketat

Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma'ruf Amin mengikuti rapat terbatas mengenai pengendalian mobilitas antarnegara untuk antisipasi lonjakan kasus impor Covid-19 melalui telekonferensi dengan Presiden Joko Widodo - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin mengikuti rapat terbatas mengenai pengendalian mobilitas antarnegara untuk antisipasi lonjakan kasus impor Covid-19 melalui telekonferensi dengan Presiden Joko Widodo, Selasa (31/3/2020).

“Pemerintah sedang membuat langkah strategis mengantisipasi imported case, kasus-kasus yang dibawa dari luar negeri,” ujar Wapres melalui akun instagram resminya.

Oleh karena itu, pengendalian arus mobilitas antarnegara yang berpotensi membawa kasus impor harus dikendalikan. Seperti arus kembalinya warga negara Indonesia (WNI), dari berbagai negara seperti Malaysia perlu diperketat.

Apabila terjadi kondisi pemulangan WNI dari luar negeri masing-masing Kedutaan Besar Republik Indonesia di luar negeri telah menyiapkan tahapan-tahapan penanggulangan sejak di sana, di mulai dari transportasi pengantaran di pintu masuk bahkan juga sampai menghantarkan ke kampungnya.

Apabila diantaranya terdapat indikasi, mereka patut memperoleh pengobatan, maka pemerintah telah menyiapkan kemungkinan untuk menampung dan mengisolasi mereka di tempat yang sudah disediakan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.

Kepada pemerintah daerah, gubernur-gubernur terutama, ketika WNI dari luar negeri pulang ke daerah, supaya menyiapkan diri untuk mengantisipasi keadaan ini dan menyiapkan kemungkinan penanggulangan di daerahnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini