Beranda Uncategorized Cawalkot Siti Nur Azizah Sebut Tingkat Toleransi di Tangsel Rendah

Cawalkot Siti Nur Azizah Sebut Tingkat Toleransi di Tangsel Rendah

Siti Nur Azizah, anak dari Kiai Ma'ruf Amin, yang belakangan diisukan akan maju sebagai calon walikota Tangerang Selatan (Tangsel) pada pilkada 2020 mendatang. (Ihya/bantennews)

 

TANGSEL – Siti Nur Azizah, anak dari Kiai Ma’ruf Amin, yang belakangan diisukan akan maju sebagai calon walikota Tangerang Selatan (Tangsel) pada pilkada 2020 mendatang, menyebut bahwa Kota berjuluk Cerdas, Modern, Religius (CMORE) itu termasuk dalam kota yang tingkat toleransinya sangat rendah.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri acara Silaturahmi Rembuk Pendapat Antar Etnis dan Suku Dalam Membangun Kota Tangerang Selatan, yang digelar di aula serba guna gedung BPI KPNPA RI, Buaran, Kecamatan Serpong, Rabu (4/9/2019).

Menurut Nur Azizah, masyarakat Kota Tangsel terbilang majmuk dengan banyak latar belakang budaya dan agama. Kemajmukan itu, lanjut Nur, bisa saja menjadi bencana namun juga bisa menjadi kekuatan pemersatu.

“Ya menurut saya itu sebuah koneksi dan juga tantangan. Tangerang Selatan itu nomor 12 indeks intoleransinya. Artinya ini sangat tinggi dan cukup banyak kasus-kasus intoleransi di Tangsel ini, sehingga perlu diperhatikan,” jelas Nur Azizah.

Nur Azizah optimis bahwa, kemajmukan di Kota Tangsel ini bisa menjadi kekuatan pemersatu dan penangkal proksi-proksi dari luar, serta prototipe kemajmukan yang kondusif bagi kota-kota lain apabila hal itu ditangani dengan serius.

“Kemudian juga radikalismenya sudah masuk zona merah. Jadi tugas kita itu salah satunya ya bagaimana menangani itu, sehingga masyarakat Tangsel ini tidak hanya religius tapi juga toleran,” katanya.

“Caranya ya forum seperti ini harus diperbanyak. Ruang-ruang untuk berdialog, ruang-ruang terbuka satu sama lain sehingga tidak ada miss dan disparitas dalam sebuah pandangan,” tandasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ