Beranda Gaya Hidup Catat! Ini Langkah Supaya Hidup Kamu Sehat

Catat! Ini Langkah Supaya Hidup Kamu Sehat

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Menjadi bugar seolah hanya tentang makan sehat dan berolahraga. Pada kenyataannya, menciptakan gaya hidup sehat dan mempertahankannya bukan hanya tentang dua faktor itu, tetapi juga tentang mampu menjaga sikap positif dan kesehatan mental yang kuat.

Dilansir dari Oak Bend Medical Center berikut adalah beberapa faktor utama yang menunjang gaya hidup sehat yang perlu kamu terapkan sehari-hari:

Banyak minum air.

Sebagian besar dari kita tidak minum cukup air setiap hari, tetapi penting bagi tubuh kita untuk bekerja dengan baik. Air mutlak diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh kita, membuang limbah, dan mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena air dikeluarkan setiap hari melalui buang air kecil, buang air besar, keringat dan pernapasan, kita perlu mengisi kembali jumlah air dalam tubuh kita secara konstan. Jumlah air yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor, tetapi umumnya rata-rata orang dewasa membutuhkan dua hingga tiga liter sehari. Cara yang baik untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan cukup air adalah dengan urin Anda — yang seharusnya tidak berwarna atau kuning pucat.

Tidur yang cukup.

Latihan fisik.

Bukan hanya beberapa kali seminggu, tapi setiap hari. Dengan menggerakkan tubuh Anda dalam beberapa cara selama 30 menit sehari, Anda akan menurunkan risiko penyakit, menciptakan kepadatan tulang yang lebih tinggi dan berpotensi meningkatkan rentang hidup Anda.

Makan lebih banyak buah dan sayuran.

Semua buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral, komponen penting untuk kesehatan Anda. Disarankan agar kita mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayur per hari untuk menjaga kesehatan.

Kurangi makanan olahan.

Makanan olahan sama sekali tidak baik untuk Anda. Sebagian besar nilai gizi hilang dalam pembuatan makanan olahan dan bahan pengawet yang ditambahkan buruk bagi kesehatan kita. Makanan ini mengandung jumlah garam yang tinggi, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Secara umum, semakin banyak bahan pada label, semakin banyak barang yang diproses.

Hindari orang-orang negatif dalam hidup Anda.

Mentalitas positif adalah kunci untuk hidup sehat. Anda tidak membutuhkan hal-hal negatif dalam hidup Anda. Jika Anda merasa seseorang atau teman itu negatif, biarkan saja dia pergi.

Hindari hal-hal negatif dalam diri Anda.

Anda juga tidak membutuhkan hal-hal negatif dari diri Anda sendiri. Buang semua pikiran negatif dalam diri Anda. Makan berlebihan cenderung terjadi ketika seseorang merasa tidak bahagia, jadi dengan tetap berpikiran positif, Anda menghilangkan ketergantungan yang tidak sehat pada makanan untuk menjadi bahagia.

Hindari makanan “candu”.

Makanan “candu” setiap orang berbeda, tetapi biasanya terdiri dari permen, cokelat, keripik, kue, atau apa pun dengan kadar gula, garam, lemak, atau tepung rafinasi yang tinggi.

Luangkan waktu Anda untuk makan.

Otak Anda, bukan perut Anda, adalah organ yang bertanggung jawab atas rasa lapar dan kenyang. Jika Anda meluangkan waktu selama makan dan makan lebih lambat, Anda memberikan waktu yang cukup bagi otak Anda untuk mengirim pesan “penuh” ke perut Anda dan membiarkan makanan Anda tertelan sepenuhnya. Jangan mengandalkan piring bersih untuk memberi tahu Anda kapan saatnya berhenti makan.

Berhenti merokok.

Merokok itu buruk, titik. Jika Anda seorang perokok, berhentilah demi kesehatan yang lebih baik—bukan hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan teman Anda. Jika Anda tidak merokok, tetaplah seperti itu.