Beranda Cinta Cara untuk Tetap Menjadi Diri Sendiri Meski Putus Cinta

Cara untuk Tetap Menjadi Diri Sendiri Meski Putus Cinta

123
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Pasti semua pasangan mengharap hubungan yang langgeng. Namun, jika pikiran dan sikap tak lagi bisa disatukan, berpisah memang menjadi jalan yang tepat untuk keduanya. Tapi, putus cinta jangan dijadikan alasan untuk bisa sedih berlarut-larut. Justru, putus cinta bisa menjadikan dirimu sebagai pribadi yang lebih baik. Asal kamu tahu cara yang tepat untuk menjadi diri terbaik setelah putus cinta. Lalu bagaimana ya caranya?

1. Jangan menyalahkan diri sendiri

Ketika suatu hubungan telah berakhir, memang otak akan lebih sulit untuk berpikir positif. Meskipun begitu, kamu gak boleh menyalahkan dirimu sendiri. Menyalahkan diri sendiri akan membuatmu tertekan dan gak akan menyelesaikan masalah.

2. Belajar untuk bisa memaafkan dan ikhlas

Menyimpan dendam setelah putus cinta justru akan membuat hatimu gak tenang. Bukannya bahagia, kamu hanya akan menjalani hari-harimu dengan penuh keresahan. Percaya deh dengan memaafkan dan mengikhlaskan hubunganmu yang telah berakhir, hatimu akan jauh lebih bahagia. Tenang saja, hal ini gak akan membuatmu terlihat lemah kok. Justru kamu bisa membentuk pribadi yang lebih dewasa.

3. Pandang hubunganmu sebagai pengalaman yang baik

Ketika putus, rasa benci itu pasti timbul dari hati kita. Tapi, ingatlah bahwa kamu juga pernah merasa bahagia bersama dia. Coba cari sisi positif dari gagalnya hubunganmu ini. Jadikan hal ini sebagai pengalaman untuk memperbaiki hubungan yang akan kamu jalani di masa depan nanti.

4. Gak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Jika memang dia telah menjalin hubungan yang baru bersama dengan yang lainnya, jangan bandingkan dirimu dengan pasangan barunya. Hal ini hanya akan buang-buang waktu dan menyakitkan diri sendiri. Ingat, setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, begitu juga dengan dirimu. Tetaplah percaya diri dan gak perlu menjadi orang lain untuk menarik perhatian siapa pun.

5. Habiskan waktumu untuk melakukan kegiatan yang positif

Menjalani hidup tanpa pasangan gak seburuk yang kamu bayangkan kok. Coba carilah kegiatan yang dapat membuatmu bisa kembali berpikir positif. Gak perlu dengan sesuatu yang besar, kamu bisa mulai dengan hal kecil seperti berolahraga, belajar musik, belanja atau mencoba hobi baru yang selama ini belum pernah kamu lakukan. Kegiatan seperti ini dapat membuatmu memiliki teman dan ruang lingkup yang baru. Sehingga wawasanmu pun otomatis akan bertambah.

6. Beri ruang untuk dirimu sendiri

Biarkan dirimu merasakan apa yang ingin dirasakan. Biarkan dirimu melakukan apa yang ingin dilakukan. Biarkan dirimu mencari apa yang selama ini kamu inginkan. Jangan membatasi diri dan hatimu sendiri. Degan begitu, kamu bisa memulai hidup baru dengan segala tujuan yang telah kamu buat.

7. Jangan lupa untuk tetap beryukur

Ingat, di dunia ini yang punya masalah bukan hanya kamu. Bisa saja masalah orang di luar sana jauh lebih berat dari putus cintamu ini. Coba ingat-ingat apa saja yang sudah kamu miliki dan pencapaian apa yang telah kamu raih. Dengan begitu, kamu akan sadar masih banyak orang yang bisa kamu syukuri. Bersyukur juga dapat membuat hatimu lebih tenang, sehingga kamu menjadi lebih bersemangat dalam menalani hidup.

Girls, putus cinta bukanlah hal yang paling buruk dalam hidupmu. Gak perlu terlalu lama bersedih dan coba terapkan tips-tips di atas. Lalu bersiaplah untuk menyambut dirimu yang baru! (Red)

Sumber : IDN Times

loading...